Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Peringatkan Akan Adanya Gelombang Tsunami Tinggi Usai Gempa Taiwan

Kompas.com - 03/04/2024, 09:09 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

MANILA, KOMPAS.com - Filipina memperingatkan akan adanya gelombang tsunami tinggi dan memerintahkan evakuasi di daerah pesisir di seluruh negeri pada Rabu (3/4/2024) pagi.

Peringatan itu dikeluarkan setelah gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang negara tetangganya, Taiwan.

"Masyarakat di daerah pesisir sangat disarankan untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi atau pindah ke daratan yang lebih jauh," kata Lembaga Seismologi Filipina dalam sebuah peringatan.

Baca juga: Gempa M 7,2 Guncang Taiwan, Picu Peringatan Tsunami hingga di Jepang dan Filipina

Disebutkan, bahwa daerah pesisir di 23 provinsi dari utara ke selatan Filipina -tidak termasuk ibu kota Manila- diperkirakan akan menghadapi gelombang tsunami yang tinggi.

Lembaga Seismologi Filipina mengungkap, gelombang tsunami pertama diperkirakan akan menghantam antara pukul 08.33 dan 10.33 waktu setempat yang mungkin bukan yang terbesar dan gelombang ini dapat berlanjut selama berjam-jam.

"Pemilik kapal di pelabuhan, muara, atau perairan pantai yang dangkal di 23 provinsi harus mengamankan kapal mereka dan menjauh dari tepi pantai," kata mereka.

"Kapal yang sudah berada di laut selama periode ini harus tetap berada di lepas pantai di perairan dalam sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," tambah Lembaga Seismologi Filipina, dikutip dari AFP.

Baca juga: Korban Gempa Jepang Masih Butuh Bantuan, 8.109 Orang Mengungsi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com