Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanda Akan Kirim Bantuan Militer Rp 34 Triliun ke Ukraina

Kompas.com - 02/03/2024, 11:29 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KHARKIV, KOMPAS.com - Ukraina dan Belanda pada Jumat (1/3/2024) menandatangani perjanjian keamanan yang akan memberikan Kyiv bantuan militer sebesar 2 miliar euro (Rp 34 triliun).

Pasukan Ukraina tiga bulan terakhir menghadapi tekanan berat di garis depan, kemudian mendesak para sekutunya di Barat mengirimkan lebih banyak bantuan demi mengatasi kurangnya amunisi.

Kesepakatan Belanda-Ukraina dicapai saat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina yang sering menjadi target serangan Rusia.

Baca juga: Tentara Ukraina Lihat UFO di Atas Zona Perang Lawan Rusia

“Hari ini, Mark Rutte dan saya menandatangani perjanjian keamanan bilateral antara Ukraina dan Belanda,” kata Zelensky di media sosial, dikutip dari kantor berita AFP.

“Dokumen tersebut berisi bantuan militer dua miliar euro dari Belanda tahun ini, serta bantuan pertahanan lebih lanjut selama sepuluh tahun ke depan,” lanjutnya.

Baca juga:

Ukraina bulan lalu memperingatkan, pihaknya hanya menerima tak sampai sepertiga dari satu juta peluru artileri yang dijanjikan Uni Eropa, dan kini berusaha keras menjaga garis pertahanannya.

Pada Februari 2024, Ukraina menarik pasukannya dari Kota Avdiivka di timur laut ketika kesulitan mendapatkan amunisi.

Rusia pun mendapatkan kemajuan teritorial besar pertamanya dalam lebih dari setahun setelah penarikan pasukan Ukraina.

Baca juga: AS Tegaskan Tak Akan Kirim Pasukan ke Ukraina untuk Lawan Rusia, Mengapa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com