Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkok Ternyata Punya Nama Resmi Terpanjang di Dunia

Kompas.com - 27/02/2024, 14:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber NDTV

BANGKOK, KOMPAS.com - Bangkok, ibu kota Thailand yang dinamis dan ramai, selalu menjadi magnet bagi wisatawan yang mencari sensasi petualangan Asia Tenggara. 

Bangkok ternyata punya nama resmi terpanjang di dunia, sebuah julukan yang baru-baru ini mendapatkan ketenaran viral melalui sebuah video populer.

Ini bukan sembarang rangkaian suku kata; nama lengkapnya, "Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit."

Panjang sekali? Anda pasti tidak membaca semuanya.

Baca juga: Tersangka Penembakan Siam Paragon Bangkok Diperiksa Kejiwaannya

Nama itu adalah ungkapan seperti puisi yang diterjemahkan menjadi "Kota Malaikat, kota besar abadi, kota megah sembilan permata, tahta raja, kota istana kerajaan, rumah para dewa yang berinkarnasi, didirikan oleh Vishvakarman atas perintah Indra." 

Meskipun kebanyakan orang Thailand menggunakan versi singkatnya, "Krung Thep Maha Nakhon", nama lengkapnya memiliki makna sejarah dan budaya.

Dilansir dari NDTV, video viral baru-baru ini, memperlihatkan seorang pemandu wisata di dalam bus yang sedang berjalan penuh dengan wisatawan yang memberi tahu mereka nama lengkap kota tersebut.

Dia mengangkat aspek unik Bangkok ini ke permukaan, memicu rasa ingin tahu dan hiburan di kalangan pemirsa.

Video tersebut dibagikan Wowie Jane Demerre di Instagram dengan caption berbunyi, "Nama lengkap Bangkok diakui Guinness World Record sebagai nama terpanjang tempat itu."

Baca juga: Kronologi Penembakan di Mal Bangkok dan Identitas Remaja Pelaku

Meskipun kebanyakan orang Thailand menggunakan versi singkatnya, "Krung Thep Maha Nakhon", nama lengkapnya memiliki makna sejarah dan budaya. Ini mencerminkan kekayaan masa lalu kota ini.

Baca juga: Tersangka Penembakan Siam Paragon Bangkok Berusia 14 Tahun

Seperti diketahui, Bangkok punya peran sebagai pusat kerajaan dan erat hubungannya dengan mitologi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NDTV

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com