Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Balik Ukraina Banyak Gagal, Zelensky: Sudah Bocor ke Rusia

Kompas.com - 26/02/2024, 13:56 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Minggu (25/2/2024) mengeklaim, rencana serangan balik pasukan Kyiv sudah bocor ke Rusia.

Serangan balik Ukraina pada 2023—didukung persenjataan dari Barat senilai miliaran dollar AS—banyak yang gagal, tak bisa menembus berbagai lini dan benteng pertahanan Rusia.

“Rencana aksi serangan balik kami sudah ada di meja Kremlin sebelum tindakan serangan balasan dimulai,” kata Zelensky dalam konferensi pers di Kyiv, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Zelensky: Rusia Coba Serangan Baru ke Ukraina Akhir Mei

Kantornya kemudian mengonfirmasi kepada AFP bahwa Zelensky menyebut Rusia mendapatkan informasi perencanaan militer yang sensitif.

Namun, Zelensky tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai kebocoran tersebut.

Dia hanya mengatakan, Kyiv sedang mempersiapkan beberapa versi strategi medan perang untuk 2024 guna menghindari terulangnya hal yang sama.

Baca juga:

Lalu, ketika ditanya apakah Ukraina punya rencana melakukan serangan balasan lagi tahun ini, dia menjawab, "Kami punya rencana, rencana yang jelas. Beberapa rencana akan disiapkan karena kebocoran informasi."

Adapun pasukan Rusia kini kembali bergerak maju melintasi wilayah timur Ukraina setelah merebut Kota Avdiivka di garis depan.

Rusia juga berusaha memanfaatkan amunisi dan keunggulan jumlah tentara mereka.

Baca juga: Serangan Balik Ukraina Disebut Hanya Membuat Sedikit Kemajuan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com