Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Minuman Kopi Cabai di China, Sehari Diklaim Laku 300 Gelas

Kompas.com - 19/02/2024, 16:43 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

JIANGXI, KOMPAS.com - Kedai kopi bernama Jingshi Coffee di Provinsi Jiangxi, China, viral setelah merilis menu baru yaitu kopi cabai pada Desember 2023.

Dikutip dari World of Buzz pada Minggu (18/2/2024), jaringan kedai kopi di Jiangxi ini menaburkan cabai goreng utuh dan serpihan cabai di kopi susu (latte) tersebut.

Di iklannya, Jingshi Coffee memberi diskon menu baru ini seharga 15,9 yuan (Rp 34.500) per gelas dari harga aslinya 20,9 yuan (Rp 45.400).

Baca juga: Jual Kopi Joss di Malaysia Bisa Dihukum 2 Tahun Penjara

Provinsi Jiangxi memang terkenal dengan makanan pedasnya, sama seperti di Sichuan, tetapi beberapa orang merasa skeptis dengan kopi cabai racikan Jingshi Coffee ini.

“Aku suka cabai dan kopi, tetapi kalau dicampur???” ujar salah satu netizen.

Warganet lainnya berkomentar, “Perutku sakit sekali (emoji tertawa). Orang-orang Jiangxi sangat luar biasa."

Menurut video yang beredar di Weibo—sejenis Twitter di China—salah satu staf di kedai kopi itu mengaku rasanya enak.

“Tidak terlalu pedas dan cukup enak. Kami sudah berjualan sejak Desember dan belum ada komplain apa pun dari pembeli,” ungkapnya.

Konon, saat akhir pekan penjualan kopi cabai ini bisa mencapai 200-300 gelas per hari.

Baca juga:

Tumis batu, makanan khas Provinsi Hubei

Tangkapan layar dari video makanan tumis batu di China. Makanan ini bernama SuoDiu yang merupakan hidangan khas Provinsi Hubei.WORLD OF BUZZ Tangkapan layar dari video makanan tumis batu di China. Makanan ini bernama SuoDiu yang merupakan hidangan khas Provinsi Hubei.
Selain kopi cabai yang merupakan menu baru, ada makanan unik lainnya di China yang ternyata hidangan khas yaitu tumis batu di Provinsi Hubei.

Dikutip dari World of Buzz pada Minggu (11/6/2023), hidangan ini disebut SuoDiu, bentuk pendek dari "hisap lalu buang".

SuoDiu berupa batu bulat digoreng dengan bawang putih, daun bawang, jahe, cabai, dan minyak cabai.

Penjual makanan di salah satu video yang viral mengatakan, pembeli dapat makan tumis batu ini dengan mengisapnya dan menikmati aromanya.

Ketika ditanya apakah perlu mengembalikan batu-batu tersebut setelah selesai makan, pedagang menjawab, “Tidak perlu, kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh”.

Meskipun hidangan ini tergolong tidak biasa oleh beberapa orang, ada yang menganggap SuoDiu cocok bagi yang sedang diet tetapi ingin menikmati rasa makanan, karena secara teknis hanya mengonsumsi bumbu tanpa isian apa pun.

Baca juga: Viral Video Makanan Tumis Batu di China, Rupanya Hidangan Khas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com