Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Beri Selamat kepada Prabowo-Gibran

Kompas.com - 17/02/2024, 14:04 WIB
Irawan Sapto Adhi

Editor

Sumber Antara

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (16/2/2024) menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mengungguli perolehan suara dalam Pilpres 2024 berdasarkan penghitungan suara yang masih berlangsung.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia, Putin mengatakan, bahwa hubungan antara Rusia dan Indonesia selama ini didasari tradisi baik persahabatan dan saling menghargai, serta terus berkembang pesat di banyak bidang.

"Saya yakin bahwa sebagai kepala negara, Anda akan berperan semakin memajukan kerja sama antara Indonesia dan Rusia secara menyeluruh untuk kebaikan negara kita," ucap Putin dikutip dari Antara, Sabtu (17/2/2024).

Baca juga: Putin Ingin Biden Menang Pilpres AS karena Lebih Mudah Ditebak daripada Trump

Presiden Rusia itu berharap semakin eratnya kerja sama Rusia-Indonesia akan menguatkan keamanan dan kestabilan kawasan Indo-Pasifik.

Ia juga berharap dapat menjalin dialog membangun bersama Prabowo serta mengembangkan kerja sama yang bermanfaat dalam isu-isu terkini dalam aspek hubungan bilateral maupun isu internasional.

Menurut Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono, sejumlah pemimpin dunia sudah memberikan selamat kepada Prabowo atas perolehan suaranya yang unggul berdasarkan hasil hitung cepat.

Menurut Budisatrio, para pemimpin dunia tersebut di antaranya Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, PM Australia Anthony Albanese, PM Malaysia Anwar Ibrahim, serta PM Ceko Petr Fiala.

"Ini adalah ucapan-ucapan selamat pertama usai hitung cepat dari pemimpin dunia," kata Budisatrio, Kamis (15/2/2024), sebagaimana diberitakan Antara.

Sementara itu, hingga Sabtu pukul 12.00 WIB, situs resmi KPU pemilu2024.kpu.go.id mencatat perolehan suara pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencapai 57,5 persen atau setara dengan 45.896.052 suara.

Baca juga: Putin Pasang Badan Tahan Laju Inflasi Rusia

Di posisi kedua, ditempati pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara 24,6 persen atau setara dengan 19.638.914 suara.

Kemudian, posisi terakhir ditempati pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan persentase suara 17,89 persen atau setara dengan 14.282.586 suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com