Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Buru PM Estonia Kaja Kallas, Ada Apa?

Kompas.com - 13/02/2024, 17:01 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia pada Selasa (13/2/2024) menyatakan Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas sebagai buronan atas tuduhan kriminal.

Ini adalah langkah yang belum pernah dilakukan Rusia sebelumnya terhadap pejabat dari negara tetangganya di Baltik itu.

Nyatanya, Rusia bukan hanya memburu sosok yang telah memimpin Estonia sejak 2021 tersebut.

Baca juga: Ikuti Finlandia, Estonia Akan Tutup Perbatasan dengan Rusia

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengumumkan, bahwa PM Kaja Kallas dan pejabat Baltik lainnya sebagai orang yang dicari karena telah melakukan tindakan permusuhan terhadap Rysia.

"Mereka adalah orang-orang yang melakukan tindakan permusuhan terhadap ingatan sejarah dan negara kami," kata Peskov kepada para wartawan melalui sambungan telepon, dikutip dari AFP.

Hubungan antara Moskwa dan anggota Uni Eropa, Estonia, yang merupakan rumah bagi minoritas Rusia yang cukup besar, pada kenyataannya tetap tegang sejak akhir Perang Dingin.

Rusia sering menegur Estonia karena menghapus monumen perang era Soviet, yang dianggap Tallinn sebagai simbol yang tidak disukai dari pendudukannya di bawah Uni Soviet.

Basis data Kementerian Dalam Negeri Rusia tentang orang-orang yang diburu menunjukkan Kallas sebagai "buronan di bawah KUHP" tanpa menyebutkan dakwaannya, disertai dengan foto sang pemimpin.

Baca juga: Putin Bantah Rusia Dalang Kebocoran Pipa Gas Finlandia-Estonia

Tidak ada reaksi langsung dari Estonia.

Sebelumnya, pada Februari lalu, Moskwa memanggil para diplomat dari tiga negara tetangganya di Baltik setelah menuduh mereka mencoba "menyabotase" pemilihan presiden Rusia bulan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com