Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Greenpeace: Plastik Daur Ulang Bisa Lebih Beracun, Tak Perbaiki Polusi

Kompas.com - 24/05/2023, 20:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

LONDON, KOMPAS.com - Daur ulang plastik bisa lebih beracun dan tidak boleh dianggap sebagai solusi untuk krisis polusi.

Hal ini jadi peringatan keras organisasi lingkungan Greenpeace. Mereka telah memperingatkan sebelum putaran terakhir negosiasi untuk perjanjian plastik internasional.

“Plastik secara inheren tidak sesuai dengan ekonomi sirkular,” kata jaringan lingkungan global dalam sebuah laporan yang menyatukan penelitian yang menunjukkan bahwa plastik daur ulang lebih beracun daripada konstituen aslinya.

Baca juga: PBB: Polusi Plastik Dapat Dikurangi Hingga 80 Persen pada 2040

Laporan tersebut, seperti dilansir dari Guardian, dirilis bertepatan dengan dimulainya pembicaraan baru untuk potensi perjanjian plastik global.

Laporan muncul saat penelitian terpisah menemukan penguraian plastik untuk didaur ulang menyebarkan polusi mikroplastik ke lingkungan.

Perwakilan dari 173 negara tahun lalu sepakat untuk mengembangkan perjanjian yang mengikat secara hukum yang mencakup siklus hidup penuh plastik dari produksi hingga pembuangan, yang akan dinegosiasikan selama dua tahun ke depan.

Minggu depan mereka akan bertemu di Paris, untuk pembicaraan yang telah dikritik karena mengecualikan komunitas di negara berkembang yang dirugikan oleh pembuangan dan pembakaran sampah plastik, serta pemulung yang terpinggirkan , yang sangat penting untuk didaur ulang.

Tanpa suara-suara itu, dikhawatirkan negosiasi akan diombang-ambingkan oleh kepentingan perusahaan.

“Industri plastik, termasuk perusahaan bahan bakar fosil, petrokimia dan barang konsumen, terus mengedepankan daur ulang plastik sebagai solusi untuk krisis polusi plastik,” kata Graham Forbes, yang memimpin kampanye plastik global Greenpeace USA.

“Tapi, toksisitas plastik sebenarnya meningkat dengan daur ulang. Plastik tidak memiliki tempat dalam ekonomi sirkular dan jelas bahwa satu-satunya solusi nyata untuk mengakhiri polusi plastik adalah dengan mengurangi produksi plastik secara besar-besaran,” tambahnya.

Baca juga: Buaya Lepas di Jalanan Texas Bikin Panik, Ternyata Hanya Mainan Plastik...

Sejak 1950-an, sekitar 8 miliar ton plastik telah diproduksi.

Laporan Greenpeace mengkatalogkan penelitian peer-review dan studi internasional yang menunjukkan tidak hanya sebagian kecil (9 persen) dari plastik yang pernah didaur ulang, tetapi juga plastik yang berakhir dengan konsentrasi bahan kimia beracun yang lebih tinggi, melipatgandakan potensi bahayanya bagi manusia, kesehatan hewan dan lingkungan.

Plastik daur ulang, kata laporan itu, sering mengandung bahan kimia tingkat tinggi seperti penghambat api beracun, benzena dan karsinogen lainnya, polutan lingkungan termasuk dioksin terbrominasi dan terklorinasi, dan banyak pengganggu endokrin yang dapat menyebabkan perubahan pada kadar hormon alami tubuh.

Limbah plastik yang ditujukan untuk daur ulang biasanya diekspor dari negara berpenghasilan tinggi ke bagian dunia yang lebih miskin.

Baca juga: Gembong Narkoba Thailand Operasi Plastik Mirip Pria Korea demi Hindari Polisi

Dr Therese Karlsson, penasihat sains dengan Jaringan Penghapusan Polutan Internasional (IPEN), mengatakan bahwa plastik dibuat dengan bahan kimia beracun, dan bahan kimia ini tidak hilang begitu saja saat plastik didaur ulang.

Halaman:
Sumber Guardian

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com