Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2023, 13:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BAKHMUT, KOMPAS.com - Komandan pasukan darat Ukraina, Oleksandr Syrskyi, pada Rabu (10/5/2023) mengatakan bahwa tentara Rusia mundur dari beberapa daerah dekat Kota Bakhmut setelah serangan balasan pasukan Kyiv.

Menurut keterangan Syrskyi, pasukan Rusia mundur di beberapa garis depan Donetsk hingga dua kilometer.

"Kami melihat hasil tindakan efektif unit kami," kata Syrskyi, menjelaskan bahwa pasukannya melancarkan serangan balik di beberapa bagian garis kontak di sekitar Bakhmut.

Baca juga: AS: Perang Parit Brutal Buat 20.000 Tentara Rusia Tewas di Bakhmut

"Di beberapa area depan, musuh tidak dapat menahan serangan para pembela Ukraina dan mundur hingga jarak dua kilometer," tambahnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Pasukan Rusia bertempur sejak musim panas lalu untuk merebut Bakhmut.

Grup Wagner, kelompok paramiliter Rusia yang memimpin serangan di kota tersebut, secara terbuka mengeluh kepada Moskwa bahwa mereka kekurangan sumber daya untuk mempertahankan posisinya.

Pendirinya yaitu Yevgeny Prigozhin pekan ini mengancam akan menarik pasukannya dari Bakhmut jika Kementerian Pertahanan Rusia tidak menambah pasokan amunisinya.

Baca juga:

"Pasukan pertahanan kami menahan garis depan dan mencegah musuh maju. Pertempuran untuk Bakhmut terus berlanjut," tambah Syrskyi dalam pernyataannya di media sosial.

Bakhmut, yang memiliki populasi sebelum perang sekitar 70.000 orang, hancur lebur setelah pasukan Rusia mencatatkan kemajuan selama beberapa bulan terakhir dengan menduduki sekitar 80 persen kota itu.

Baca juga: Rusia Buat Kemajuan di Bakhmut, Grup Wagner Klaim Kuasai 80 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com