Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2023, 10:15 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com – Penampilan putri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Ju Ae, dikabarkan memicu kemarahan rakyat negara tersebut.

Pasalnya, Ju Ae dimunculkan ke depan publik dengan pakaian-pakaian mewah dan penampilan fisik yang tampak sejahtera karena cukup makan.

Kabar tersebut disampaikan salah satu anggota parlemen Korea Selatan, Yoo Sang-bum, yang menjabat sebagai petinggi di Komite Intelijen Majelis Nasional Korea Selatan.

Baca juga: Kim Jong Un: Peluncuran Satelit Mata-mata Pertama Harus Sesuai Rencana

Oleh Pemerintah Korea Utara, putri Kim Jong Un itu disebut sebagai anak paling dicintai di negara tersebut, sebagaimana dilansir The Korea Herald, Selasa (25/4/2023).

Namun, Yoo menuturkan bahwa Badan Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS) menilai kalau Ju Ae justru dibenci oleh rakyat Korea Utara.

Pasalnya, Ju Ae tampak sejahtera di saat negara tersebut mengalami krisis pangan yang memburuk, kata Yoo kepada The Korea Herald.

Baca juga: Profil Kim Jung Ae, Putri Kim Jong Un Berbalut Misteri, Spekulasi Suksesor

“Kebanyakan warga Korea Utara hidup di bawah pembatasan yang ketat. Melihat Ju Ae muda mengenakan pakaian mewah membuat orang frustasi,” kata Yoo.

Bulan lalu, Yoo mengatakan kepada wartawan dalam pengarahan tertutup bahwa Ju Ae memiliki hobi mahal seperti bermain ski dan menunggang kuda.

Selain itu, kata Yoo, Ju Ae bersekolah dengan metode home schooling.

Baca juga: Rakyat Korea Utara Kelaparan, Putri Kim Jong Un Pakai Jaket Christian Dior Seharga Rp 28,8 Juta

“Sampai saat ini, dinas intelijen kami percaya bahwa Ju Ae adalah anak tengah. Masih belum jelas apakah anak sulung Kim adalah laki-laki, dan ada anak ketiga yang jenis kelaminnya juga masih belum diketahui,” kata Yoo.

“Ada spekulasi bahwa Kim mungkin tidak memiliki anak laki-laki,” sambung Yoo.

Yoo mengatakan bahwa NIS tidak serta merta percaya Ju AS telah ditunjuk sebagai pewaris untuk menggantikan Kim.

“Kim memamerkan putrinya di acara publik dipahami sebagai sarana untuk menjustufikasi kekuasaan yang diturunkan ke generasi berikutnya dalam keluarganya,” papar Yoo.

Baca juga: Korea Utara Luncurkan Prangko Bergambar Putri Kim Jong Un

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com