Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamus Brasil Tambahkan "Pele" Jadi Kata Sifat, Sinonim dari "Terbaik"

Kompas.com - 27/04/2023, 14:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

SAO PAULO, KOMPAS.com - Sebuah kamus di Brasil menambahkan "Pelé" sebagai kata sifat untuk digunakan saat mendeskripsikan seseorang yang "luar biasa, tak tertandingi, dan unik".

Pengumuman oleh kamus Michaelis pada hari Rabu (26/4/2023) adalah bagian dari kampanye yang mengumpulkan lebih dari 125.000 tanda tangan untuk menghormati pengaruh mendiang sepak bola itu di luar prestasi olahraganya.

Juara Piala Dunia tiga kali itu meninggal pada Desember di usia 82 tahun setelah berjuang melawan kanker usus besar.

Baca juga: Kolombia Negara Amerika Latin Pertama yang Jadikan Pele Nama Stadion

Dilansir dari Associated Press, entri kamus berbunyi: “Orang yang luar biasa, atau yang karena kualitas, nilai, atau keunggulannya tidak dapat ditandingi oleh apa pun atau siapa pun, seperti Pele."

"Pele, julukan pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento (1940-2022), adalah atlet terbaik sepanjang masa; luar biasa, tak tertandingi, unik. Contoh: Dia adalah Pele dari bola basket, dia adalah Pele dari tenis, dia adalah Pele dari teater Brazil, dia adalah Pele dari kedokteran.”

Yayasan Pele, Santos FC, yang juga tempatnya bermain di sebagian besar kariernya, ditambah banyak orang Brasil, merayakan keputusan penerbit salah satu kamus paling populer di negara itu.

“Ungkapan yang sudah digunakan untuk merujuk pada yang terbaik dalam sesuatu sudah abadi di halaman kamus,” kata saluran media sosial Pele setelah pengumuman.

“Kami membuat sejarah bersama dan memasukkan nama Raja Sepak Bola ke dalam bahasa Portugis. Pele artinya 'TERBAIK'.”

Pele menghabiskan hampir dua dekade untuk memesona penggemar dan lawan.

Dia mempesona sebagai pencetak gol terbanyak permainan dengan klub Brasil Santos dan tim nasional Brasil.

Baca juga: 738 Bayi di Peru Dinamai Pele

Dalam perbincangan tentang sepak bola terhebat, hanya mendiang Diego Maradona, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang disebutkan bersama Pele.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com