Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-427 Serangan Rusia ke Ukraina: Zelensky Telepon Xi Jinping | Peringatan Bencana Chernobyl

Kompas.com - 27/04/2023, 09:15 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KYIV, KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-427 pada Rabu (26/4/2023), ditandai dengan pembicaraan telepon antara Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden China Xi Jinping untuk kali pertama sejak invasi Moskwa.

Sementara itu, Zelensky berpidato dalam peringatan bencana nuklir Chernobyl dan menyebut Rusia memeras dunia dengan memanfaaatkan pembangkit listrik tersebut.

Rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini dapat Anda baca di bawah ini.

Baca juga: Rusia Ganti KFC dengan Produk Lawas Pasca-Soviet

1. Jerman dan Inggris cegat tiga pesawat Rusia

Sebanyak tiga pesawat militer Rusia yang terbang tanpa sinyal transponder dicegat di wilayah udara internasional di atas Laut Baltik.

Hal tersebut dilaporkan oleh angkatan udara Jerman alias Luftwaffe pada Rabu (26/4/2023) melalui unggahan di Twitter.

Ketiga pesawat militer Rusia tersebut masing-masing adalah dua jet temput Sukhoi Su-27 dan satu pesawat Ilyushin Il-20.

Baca selengkapnya di sini.

2. Zelensky telepon Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melalui telepon pada Rabu (26/4/2023). Ini adalah telepon pertama kedua pihak sejak invasi Rusia.

"Saya melakukan panggilan telepon yang panjang dan bermakna dengan Presiden Xi Jinping," kata Zelensky di Twitter.

"Saya percaya bahwa telepon ini, serta penunjukan Duta Besar Ukraina untuk China, akan memberikan dorongan yang kuat bagi perkembangan hubungan bilateral kita," tulisnya.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Ukraina Gencar Bangun Tentara Drone, Kirim 100 Drone Kamikaze ke Bakhmut

3. Eks wali kota di Rusia disidang karena kritik perang

Mantan Wali Kota Yekaterinburg, Yevgeny Roizman, saat keluar dari pusat penahanan di Rusia pada 30 Maret 2023. Roizman ditahan 14 hari menjelang sidang karena mengkritik perang di Ukraina.AP PHOTO/VLADIMIR PODOKSYONOV Mantan Wali Kota Yekaterinburg, Yevgeny Roizman, saat keluar dari pusat penahanan di Rusia pada 30 Maret 2023. Roizman ditahan 14 hari menjelang sidang karena mengkritik perang di Ukraina.
Mantan Wali Kota Yekaterinburg, Yevgeny Roizman, pada Rabu (26/4/2023) disidang Rusia karena mengkritik perang di Ukraina.

Roizman adalah tokoh oposisi terkemuka terakhir Rusia yang masih di dalam negeri dan tidak berada di balik jeruji besi. Dia terancam hukuman lima tahun penjara.

Sejak mengerahkan pasukan ke Ukraina pada Februari 2022, Rusia mengintensifkan penumpasan terhadap kritik domestik. Hampir semua oposisi utama Kremlin diasingkan atau dipenjara, dan kelompok-kelompok HAM ditutup.

Baca selengkapnya di sini.

4. "Rusia gunakan Chernobyl untuk peras dunia"

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (26/4/2023) memperingatkan, Rusia menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Chernobyl untuk memeras dunia.

"37 tahun yang lalu bencana pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl meninggalkan bekas luka yang sangat besar di seluruh dunia," tulis Zelensky di Telegram dalam peringatan bencana nuklir tersebut.

"Tahun lalu, pasukan pendudukan tidak hanya menginvasi pembangkit listrik ini. Ini kembali membuat dunia dalam bahaya bencana lain," lanjutnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Peringati Tragedi Chernobyl, Ukraina Sampaikan Pesan pada Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com