Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Negara di Asia Tenggara yang Lebaran Hari Ini, Sama dengan Indonesia

Kompas.com - 22/04/2023, 07:12 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Bernama

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia bukan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang merayakan Lebaran 2023 pada Sabtu (22/4/2023).

Malaysia, Singapura, dan Thailand adalah beberapa negara lain di Asia Tenggara yang juga memperingati Idul Fitri pada hari ini.

Di Singapura, Mufti Dr Nazirudin Mohd Nasir pada Kamis (20/4/2023) mengatakan, berdasarkan kalkulasi astronomi, hilal bulan Syawal tidak tampak pada Kamis malam setelah matahari terbenam.

Baca juga: WNI Ini Jadi Napi Terlama yang Huni Penjara Malaysia

Dengan ini, kata dia, hari Jumat tanggal 21 April 2023 akan menjadi akhir dari 30 hari Ramadhan.

"Oleh karena itu, dengan senang hati saya umumkan bahwa hari pertama Syawal atau Hari Raya Aidilfitri tahun 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April," ungkap Nasir dalam pengumuman yang diterbitkan di situs resmi Majelis Agama Islam Singapura (MUIS).

Dia pun mengucapkan "Selamat Idul Fitri" kepada seluruh umat Islam di Singapura.

“Saya mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga komunitas muslim kita tetap bersatu dalam mengatasi semua tantangan dengan kasih sayang dan empati,” imbuhnya.

Di Thailand, Sheikhul Islam dari Thailand, Aziz Phitakkumpon, juga menyatakan bahwa Sabtu sebagai hari pertama Idul Fitri di negara itu, setelah dipastikan bulan sabit baru tidak terlihat.

"Maka, dengan proses yang wajar, saya nyatakan Sabtu sebagai hari pertama Idul Fitri," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip dari Bernama.

Baca juga:

Di Malaysia, pengumuman Idul Fitri jatuh pada tanggal 22 April 2023 disampaikan oleh Penjaga Segel Besar Para Raja Malaysia Tan Sri Syed Danial Syed Ahmad.

Pengumuman tersebut disampaikan melalui siaran langsung yang ditayangkan salah satu stasiun televisi Malaysia yang diikuti dari Kuala Lumpur pada Kamis.

“Sesuai dengan perintah Yang di-Pertuan Agong, setelah disetujui Yang Mulia Raja-Raja, dengan ini saya nyatakan bahwa tanggal Hari Raya Puasa telah ditetapkan pada Sabtu, 22 April 2023,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bernama
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com