Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Dokumen Sangat Rahasia AS yang Bocor tentang Perang Ukraina

Kompas.com - 10/04/2023, 21:27 WIB
BBC News Indonesia,
Aditya Jaya Iswara

Tim Redaksi

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Puluhan dokumen rahasia Departemen Pertahanan Amerika berisi peta, bagan, dan foto kini beredar di internet.

Sejumlah berkas yang dilengkapi garis waktu dan akronim-akronim militer tersebut bertanda "sangat rahasia" dan memberikan gambaran rinci tentang perang di Ukraina.

Dokumen-dokumen tersebut menyebut jumlah korban tewas baik di pihak Ukraina maupun di pihak Rusia, kelemahan militer kedua kubu, dan, yang terpenting, kekuatan relatif mereka ketika Ukraina memutuskan untuk meluncurkan serangan musim semi.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-408 Serangan Rusia ke Ukraina: Dokumen Rahasia Bocor, Harga Pangan Dunia Turun

Seberapa valid dokumen-dokumen ini? Dan apa isi berkas-berkas tersebut yang belum kita ketahui?

Pertama: rentetan dokumen yang beredar adalah kebocoran informasi rahasia Amerika terbesar tentang perang di Ukraina sejak invasi besar-besaran Rusia 14 bulan lalu. Beberapa dokumen berumur enam minggu, tetapi implikasinya sangat besar.

Pejabat Pentagon yang dikutip media mengatakan dokumen-dokumen itu valid.

BBC telah melihat lebih dari 20 dokumen. Isinya mencakup laporan terperinci tentang pelatihan dan peralatan yang diberikan ke Ukraina selagi negara itu mengumpulkan 12 brigade baru untuk melakukan serangan yang kemungkinan dimulai dalam beberapa pekan mendatang.

Dokumen-dokumen itu menyebutkan kapan ke-12 brigade itu akan siap sekaligus daftar semua tank, kendaraan lapis baja, dan artileri yang disediakan untuk Ukraina oleh sekutu-sekutu Barat.

Disebutkan pula bahwa "waktu pengiriman peralatan akan berdampak pada pelatihan dan kesiapan".

Tentara Ukraina melepaskan tembakan howitzer buatan Jerman, Panzerhaubitze 2000.REUTERS via BBC INDONESIA Tentara Ukraina melepaskan tembakan howitzer buatan Jerman, Panzerhaubitze 2000.
Dokumen lainnya mencantumkan sebuah peta yang memuat "garis waktu pengerasan tanah" - yaitu kondisi tanah di seluruh Ukraina timur saat musim semi berlangsung.

Setelah musim dingin menguji pertahanan udara Ukraina hingga batasnya, ada juga analisis tentang kemampuan pertahanan udara Kyiv yang semakin berkurang di tengah upaya negara itu dalam menyeimbangkan sumber dayanya yang terbatas untuk melindungi warga sipil, infrastruktur penting, dan pasukan garis depan.

Baca juga: Pentagon Selidiki Laporan Kebocoran Dokumen Rahasia Ukraina

Seberapa baru dokumen-dokumen yang bocor?

Banyak rincian di dalam dokumen-dokumen tersebut yang sudah tidak asing lagi.

Ambil contoh jumlah korban. Tidak mengherankan bahwa AS memperkirakan antara 189.500 dan 223.000 tentara Rusia telah tewas atau terluka.

Jumlah korban Ukraina--antara 124.500 dan 131.000 orang--juga sejalan dengan angka rata-rata yang diinformasikan kepada wartawan dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam kedua kasus tersebut, Pentagon mengatakan tingkat "kepercayaan rendah" pada angka tersebut karena kesenjangan informasi, keamanan operasional, dan upaya yang disengaja, mungkin oleh kedua belah pihak, untuk menyesatkan informasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com