Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Akui Dampak Negatif Sanksi Barat untuk Rusia

Kompas.com - 30/03/2023, 13:58 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (29/3/2023) mengakui bahwa sanksi-sanksi Barat ke Rusia atas invasi di Ukraina dapat membawa konsekuensi negatif bagi negara itu.

Sebelumnya, dia bersikeras Moskwa dapat beradaptasi dengan hukuman tersebut.

"Sanksi yang dijatuhkan terhadap ekonomi Rusia dalam jangka menengah benar-benar dapat berdampak negatif," kata Putin dalam pertemuan dengan kabinetnya yang disiarkan televisi, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Putin Disebut Siap Perangi Barat Selamanya

Negara-negara kuat Barat memberlakukan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Rusia setelah Putin meluncurkan operasi militer di Ukraina lebih dari setahun yang lalu.

Putin berulang kali mengatakan, Rusia sedang menghadapi rentetan sanksi ekonomi yang secara khusus menargetkan ekspor minyak dan gasnya.

Bos Kremlin itu juga berkata, pengangguran di Rusia masih di titik terendah sepanjang masa, sedangkan inflasi diperkirakan turun di bawah empat persen pada akhir Maret setelah melonjak pada musim semi 2022.

Baca juga:

Namun, dia menambahkan bahwa "Kembali ke lintasan pertumbuhan seharusnya tidak membuat kita bisa bersantai."

"Kita perlu mendukung dan memperkuat tren positif ekonomi kita, meningkatkan efisiensinya, memastikan kedaulatan teknologi, personel, dan keuangan."

Putin lalu meminta Pemerintah Rusia bertindak cepat, tanpa birokrasi dan penundaan yang tidak perlu.

Baca juga: Meski Dukung ICC, Hongaria Tak Akan Tangkap Putin di Negaranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com