Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menengok 10 Tahun Persahabatan Xi Jinping-Vladimir Putin

Kompas.com - 22/03/2023, 16:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

MOSKWA, KOMPAS.com - Kunjungan presiden China, Xi Jinping, ke Rusia minggu ini telah menyoroti hubungannya yang semakin kuat dengan mitranya, Vladimir Putin.

Kedua pemimpin telah bertemu lebih dari 40 kali dalam beberapa tahun terakhir, semakin akrab, dan sekarang menyebut satu sama lain sebagai "sahabat".

Xi telah digambarkan sebagai teman baik oleh para pemimpin dunia lainnya sebelumnya, termasuk Robert Mugabe dan Donald Trump, tetapi tidak selalu membalas pujian seperti yang dia lakukan dengan Putin.

Baca juga: 5 Poin Rangkuman Pertemuan Xi Jinping dan Putin di Rusia

Dilansir dari Guardian, Xi pertama kali berkunjung ke Rusia pada 2013, mengeklaim bahwa China dan Rusia sebagai “natural partners and natural allies”.

Pada 2014, saat Rusia mencaplok Crimea dan memicu kecaman internasional, muncul resolusi PBB untuk mendukung kedaulatan Ukraina, dan berbagai sanksi terhadap Rusia.

Sebaliknya, juru bicara kementerian luar negeri China mengatakan China memiliki pemahaman penuh tentang tantangan yang dihadapi Rusia, dan mendukung pendekatan penyelesaian Moskwa atas masalah Ukraina.

China dan Rusia semakin akrab pada 2015, saat kedua negara sepakat untuk penjualan senjata dan perjanjian lainnya, dan menandatangani pakta non-agresi yang mencakup janji untuk tidak meluncurkan serangan dunia maya satu sama lain.

Pada 2019, hubungan China-Rusia mendapat peningkatan resmi dengan pengumuman lima poin kemitraan strategis komprehensif berdasarkan saling pengertian dan kerja sama yang saling menguntungkan.

Kedua pemimpin juga memperkuat ikatan pribadi mereka, menerima gelar doktor kehormatan dari almamater masing-masing negaranya, yakni Universitas Negeri St Petersburg dan Universitas Tsinghua.

Xi mengatakan kepada media Rusia bahwa Presiden Putin adalah kolega asing yang paling banyak berinteraksi dengannya.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-391 Serangan Rusia ke Ukraina: Xi Jinping-Putin Teken Deklarasi, PM Kishida Marah di Bucha

"Dia adalah sahabatku, dan aku sangat menghargai persahabatan kita," ujarnya waktu itu.

Dalam kunjungan kenegaraan selama tiga hari ke Moskwa, Putin juga sempat membawa Xi dalam pelayaran Sungai Neva ke St Petersburg, tempat Putin dilahirkan pada tahun 1952.

Xi mengatakan perjalanan itu merupakan suatu kehormatan.

“Tanah subur di sini telah melahirkan sejumlah orang hebat. Itu adalah kebanggaan Rusia dan rakyatnya," tambahnya.

Baca juga: Xi Jinping Dukung Pembicaraan Damai, Putin Salahkan Barat, Zelensky Undang China

Lalu pada 2022, di sela-sela Olimpiade Musim Dingin Beijing, dalam pertemuan tatap muka pertama Xi dengan kepala negara sejak pandemi dimulai, dia dan Putin menandatangani apa yang kemudian dikenal sebagai kemitraan tanpa batas.

Halaman:
Sumber Guardian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com