Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2023, 16:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Mirror

LONDON, KOMPAS.com - Seluruh hidup seorang pria hancur berkeping-keping setelah menemukan bahwa dia secara genetik terkait dengan ibu dari dua anaknya yang masih kecil.

Dia menjelaskan bagaimana dia diadopsi dua menit setelah kelahirannya dan tidak tahu apa-apa tentang orang tua kandungnya karena jadi bagian dari adopsi tertutup.

Namun, sebagian dari sejarah keluarganya terungkap setelah menjalani tes untuk melihat apakah dia bisa menyumbangkan ginjal kepada istrinya setelah enam tahun menikah.

Baca juga: Pernikahan Ramah Lingkungan di India: Baju Daur Ulang, Irit Kertas, Sumbangkan Makanan Sisa

"Istri saya sakit tepat setelah putra kami lahir dan sekarang membutuhkan transplantasi ginjal. Kami memeriksa dengan kerabatnya dan tidak ada yang cocok atau donor yang layak," ujar pria di Inggris itu, seperti dilansir dari Mirror.

"Saya tahu itu akan menjadi kesempatan yang panjang, jadi saya memutuskan untuk diuji untuk melihat apakah saya bisa menyumbang. Saya mendapat telepon tempo hari yang mengatakan bahwa ginjal saya cocok."

"Dokter kemudian mengatakan sesuatu tentang tes tambahan karena beberapa informasi dari hasil tes jaringan HLA (antigen leukosit manusia). Saya tidak terlalu memikirkannya dan setuju," tambahnya.

Tetapi ketika hasilnya keluar, pria itu mengetahui bahwa dia dan istrinya memiliki persentase kecocokan yang sangat tinggi.

"Saya terkejut dan bingung," ujarnya.

"Dokter menjelaskan bagaimana informasi DNA diturunkan dari generasi ke generasi, orang tua kepada seorang anak dapat memiliki setidaknya 50 persen kecocokan dan saudara kandung dapat memiliki kecocokan 0-100 persen."

"Sangat jarang memiliki pasangan yang tinggi sebagai suami istri. Saya bertanya apa artinya itu," tambahnya.

Baca juga: Wajah Pengantin Wanita Memar karena Perias Coba-coba Make-up, Pernikahan sampai Dibatalkan

Pria itu melanjutkan dengan menjelaskan bagaimana dia bertemu istrinya delapan tahun lalu ketika dia bekerja jauh dari kantor kampung halamannya.

Pasangan itu bertukar nomor dan mengatur pertemuan setiap kali dia melakukan perjalanan ke negara bagiannya dengan pekerjaan sampai dia diberi kesempatan untuk pindah kerja permanen.

"Dokter berkata kami bersaudara. Saya lantas tidak tahu harus berbuat apa. Dia adalah istri saya dan ibu dari anak-anak kami," tambahnya.

Baca juga: Pengantin Pria Ambruk lalu Tewas Usai Komplain Kerasnya Musik DJ dalam Pernikahan

Setelah membagikan penemuannya di Reddit, pengguna membagikan rasa hormat mereka tentang bagaimana dia bisa menangani situasi yang sangat disayangkan ini.

Banyak netizen dalam forum itu mengaku berempati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mirror

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com