Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-389 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Kunjungi Mariupol, Rusia Sambut Baik Kesediaan China

Kompas.com - 20/03/2023, 09:17 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,TASS

KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-389 pada Minggu (19/3/2023).

Ini termasuk, Presiden Vladimir Putin dilaporkan telah mengunjungi Kota Mariupol di Ukraina timur yang pada tahun lalu diklaim telah dikuasai Rusia.

Pada hari itu, Putin juga mengeluarkan pernyataan bahwa Rusia menyambut baik kesediaan China untuk memainkan "peran konstruktif" dalam mengakhiri konflik di Ukraina.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-388 Serangan Rusia ke Ukraina: 123 Negara Wajib Tangkap Putin, Xi Jinping Terima Undangan Putin

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-389 yang dapat Anda simak:

Putin kunjungi Mariupol setelah Crimea

Saat perang Rusia-Ukraina menginjak hari ke-389, Presiden Vladimir Putin berkeliling kota Mariupol, hampir satu tahun setelah Moskwa mengeklaim telah merebut kota pelabuhan strategis itu.

Ini adalah perjalanan pertama Putin ke wilayah Donbas sejak awal konflik Ukraina pada Februari 2022.

Mengutip keterangan resmi dari Kremlin, Kantor berita Rusia, TASS, melaporkan bahwa Putin terbang ke Mariupol dengan menggunakan helikopter sebelum kemudian mengendarai mobil keliling kota.

Sebelum mengunjungi Mariupol, Putin dilaporkan telah lebih dulu melakukan kunjungan dadakan ke Crimea pada Sabtu (18/3/2023), guna menandai ulang tahun kesembilan aneksasi semenanjung itu.

Selama berada di Mariupol, Putin disebut telah mengunjungi berbagai tempat, berbicara dengan penduduk, dan mendengar laporan tentang pekerjaan rekonstruksi kota.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-387 Serangan Rusia ke Ukraina: Update Insiden Tabrakan Pesawat Tak Berawak AS, Situasi Perebutan Bakhmut

Tanggapan Ukraina atas kunjungan Putin ke Mariupol

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan, kunjungan dadakan Putin ke kota Mariupol pada malam hari seperti seorang pencuri.

"Seperti layaknya seorang pencuri, Putin mengunjungi Mariupol Ukraina, di bawah perlindungan malam. Pertama, lebih aman. Selain itu, kegelapan memungkinkan dia untuk menonjolkan apa yang ingin dia tunjukkan, dan membuat kota itu benar-benar hancur oleh tentaranya dan beberapa penduduknya yang masih hidup pergi. dari pengintaian," kata Kementerian itu di Twitter.

Sementara itu, Asisten Presiden Ukraina Mykhaylo Podolyak mengecam kunjungan dadakan Presiden Rusia Vladimir Putin ke kota Mariupol.

"Penjahat selalu kembali ke TKP... Pembunuh ribuan keluarga Mariupol itu datang untuk mengagumi reruntuhan kota dan kuburannya. (Ada) sinisme dan kurangnya penyesalan," kata Podolyak di Twitter.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-386 Serangan Rusia ke Ukraina: Pentagon Rilis Kecelakaan Drone, Pasukan Moskwa Kesulitan Rebut Bakhmut

Serangan di Kramatorsk tewaskan 2 orang 

Pada Minggu, Gubernur wilayah Donetsk, Pavlo Kyrylenko, mengatakan serangan Rusia pada hari Sabtu telah menewaskan dua orang dan melukai 10 orang di Kota Kramatorsk, Ukraina timur.

Dia menuduh Rusia menggunakan cluster bomb atau bom tanda dalam serangan itu.

Halaman:
Sumber AFP,TASS
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com