Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Pertimbangkan Ambil Alih Pabrik Toyota di St Petersburg

Kompas.com - 17/03/2023, 10:15 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

MOSKWA, KOMPAS.comRusia sedang mempertimbangkan untuk mengambil alih pabrik Toyota, pabrikan otomotif multinasional asal Jepang, yang ada di St Petersburg.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov dikutip kantor berita Rusia, TASS, pada Kamis (16/3/2023).

Manturov mengatakan, pabrik Toyota tersebut rencananya akan dialihkan ke Central Automobile and Engine Research and Development Institute (NAMI).

Baca juga: Setelah Nissan dan Toyota, Mercedes-Benz Ikut Hengkang dari Rusia

NAMI adalah adalah pusat organisasi ilmiah di Rusia dalam bidang pengembangan industri otomotif.

“Pengalihan aset Rusia Toyota ke NAMI sedang dipertimbangkan,” kata Manturov di sela-sela kongres bisnis, sebagaimana dikutip TASS.

Sejauh ini, NAMI sudah membeli pabrik dari Renault dan Nissan, sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: Toyota Innova Jadi Mobil Polisi Nasional Filipina, Begini Tampilannya

Pada Jumat (17/3/2023), seorang juru bicara Toyota mengatakan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan apa yang harus dilakukan mengenai pabrik tersebut.

Pasalnya, Toyota pada tahun lalu telah memutuskan untuk mengakhiri produksi kendaraan di Rusia setelah menangguhkan pabrik di St Petersburg pada Maret 2022.

“Meskipun benar bahwa kami sedang mempertimbangkan berbagai opsi, belum ada yang diputuskan saat ini,” kata juru bicara tersebut.

Pada September 2022, Toyota memutuskan untuk menghentikan produksi kendaraan di Rusia karena gangguan pasokan bahan dan suku cadang utama.

Baca juga: Video Detik-detik Kecelakaan Drone AS dengan Jet Tempur Rusia Dirilis Pentagon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com