Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honduras Berpaling dari Taiwan, Pilih Jalin Hubungan dengan China

Kompas.com - 15/03/2023, 14:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

TEGUCIGALPA, KOMPAS.com – Presiden Honduras Xiomara Castro menginstruksikan Menteri Luar Negeri Honduras Edurado Reina untuk menjalin hubungan diplomatik resmi dengan China.

Pernyataan tersebut disampaikan Castro melalui Twitter pada Selasa (14/3/2023). Dia sebelumnya sudah mengemukakan gagasan untuk memutus hubungan dengan Taiwan dan menjalin relasi dengan China saat kampanye.

Dilansir dari The Guardian, Rabu (15/3/2023), pernyataan Castro tersebut akan mengakhiri hubungan Honduras dengan Taiwan dan beralih mengakui China.

Baca juga: Presiden Terpilih Honduras Ingin Pertahankan Hubungan dengan Taiwan

Jika benar-benar terjadi, jumlah negara di dunia yang akan mengakui Taiwan akan berkurang dan menyisakan 13 negara saja.

Sejauh ini, China tidak mengizinkan negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengannya menjalin hubungan resmi dengan Taiwan.

Dalam twitnya, Castro mengatakan bahwa keputusan tersebut merupakan tekadnya unutk memenuhi rencana pemerintah dan memperluas batasan yang ada.

Atas pengumuman Castro tersebut, Kementerian Luar Negeri Taiwan menyampaikan keprihatinannya kepada Pemerintah Honduras.

Baca juga: Presiden Honduras Sebut Taiwan Teman Sejati Negaranya

Pihak kementerian mendesak Honduras untuk mempertimbangkan keputusannya dengan hati-hati agar tidak terjatuh ke dalam perangkap China dan menghancurkan persahabatan antara kedua negara.

“Taiwan adalah sekutu yang tulus dan dapat diandalkan. Negara kami selalu membantu Honduras dalam pembangunan nasionalnya dengan kemampuan terbaik kami,” kata Kementerian Luar Negeri Taiwan.

“Satu-satunya tujuan China dalam mengembangkan hubungan dengan Honduras adalah untuk mengecilkan ruang internasional negara kami, tidak ada niat tulus untuk bekerja sama demi kebaikan rakyat Honduras,” sambungnya.

Pada Selasa, Reina mengatakan kepada stasiun televisi lokal bahwa ada hal-hal yang harus dilihat dengan pragmatis.

Baca juga: Kisah Perang Sepak Bola: Honduras vs El Salvador Bertempur Usai Kualifikasi Piala Dunia 1970

“Kita harus melihat hal-hal dengan sangat pragmatis dan mencari manfaat terbaik bagi rakyat Honduras,” ujar Reina.

Menurut kementerian luar negeri Taiwan, Taiwan memiliki hubungan diplomatik dengan 13 negara.

Ke-13 negara tersebut sejauh ini adalah Eswatini, Vatikan, Kepulauan Marshall, Nauru, Palau, Tuvalu, Belize, Guatemala, Haiti, Paraguay, Honduras, Federasi Saint Christopher dan Nevis, St Lucia, serta Saint Vincent dan Grenadines.

Baca juga: Minta Perlindungan Pemerintah, Bos Narkoba Suap Presiden Honduras Rp 3,5 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com