Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Berpartisipasi dalam Negosiasi ke-2 IPEF di Indonesia

Kompas.com - 14/03/2023, 23:19 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KOMPAS.com - Delegasi antarlembaga Amerika Serikat saat ini sedang berada di Bali untuk negosiasi putaran kedua Kerangka Ekonomi Indo Pasifik (Indo Pacific-Economic Framework, atau IPEF), yang akan berlangsung pada 13-19 Maret 2023.

Negosiasi ini diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Delegasi AS dipimpin oleh Kepala Negosiator Pilar I IPEF yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR) untuk Asia Tenggara dan Pasifik Sarah Ellerman, dan Konselor Departemen Perdagangan yang juga Kepala Negosiator untuk Pilar II-IV Sharon H Yuan.

Baca juga: Transformasi Ekonomi China dan Implikasinya di Asia Pasifik

Juru runding dari 14 negara berpartisipasi dalam negosiasi kali ini.

“Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik akan membantu kita mengembangkan ekonomi kita secara berkelanjutan dan inklusif,” ujar Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Y Kim.

“Kami berterima kasih kepada Indonesia karena telah menjadi tuan rumah bagi ratusan juru runding dari seluruh Indo-Pasifik minggu ini guna mempromosikan kemakmuran dan pembangunan di seluruh kawasan.”

Pada Mei 2022, AS meluncurkan prakarsa IPEF bersama Australia, Brunei Darussalam, Fiji, India, Indonesia, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

IPEF mewakili visi afirmatif kerja sama ekonomi di antara para sekutu dan mitra yang memiliki visi yang sama di kawasan Indo-Pasifik, yang mencerminkan keinginan bersama untuk mengatasi tantangan abad ke-21 yang melampaui bidang perdagangan dan investasi.

Baca juga: Menanti Implementasi Strategi Baru Korea Selatan di Indo-Pasifik

Pada September 2022, mitra IPEF mengeluarkan Pernyataan Menteri yang menguraikan ruang lingkup negosiasi untuk empat pilar IPEF. Keempat pilar tersebut meliputi Perdagangan, Rantai Pasokan, Ekonomi Bersih, dan Ekonomi Adil.

Negosiasi pertama IPEF diadakan pada Desember 2022 di Brisbane, Australia. Informasi tentang negosiasi ini dapat ditemukan di sini.

Negosiasi khusus terkait Pilar II-IV diadakan awal bulan ini di New Delhi, India. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di sini.

Untuk latar belakang tentang IPEF, silakan kunjungi https://ustr.gov/ipef dan https://www.commerce.gov/indo-pacific-economic-framework.

Baca juga: Persaingan Antariksa di Pasifik dan Pilihan Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com