Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turkiye Akhiri Upaya Penyelamatan Korban Gempa Kecuali di 2 Provinsi

Kompas.com - 19/02/2023, 22:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

ISTANBUL, KOMPAS.com - Turkiye telah mengakhiri upaya penyelamatan korban gempa kecuali di dua provinsi yang paling parah terdampak bencana dahsyat tersebut.

"Di banyak provinsi kami, upaya pencarian dan penyelamatan telah diakhiri. Penyelamatan berlanjut di provinsi Kahramanmaras dan Hatay," kata Kepala Badan Bencana Turkiye, Yunus Sezer kepada wartawan di Ankara, Minggu (19/2/2023).

Episentrum gempa Turkiye berkekuatan M 7,8 yang terjadi pada 6 Februari lalu berada di distrik Pazarcik di Kahramanmaras.

Baca juga: Korban Tewas Gempa Turkiye dan Suriah Lampaui 46.000 Jiwa, Upaya Pencarian dan Penyelamatan Segera Dihentikan

Sezer mengatakan, upaya pencarian dan penyelamatan berlanjut di sekitar 40 bangunan di provinsi tersebut pada hari ke-14, tetapi diperkirakan jumlah ini akan turun pada Minggu malam.

Dia juga mengatakan jumlah kematian akibat gempa di Turkiye telah meningkat menjadi 40.689 orang.

Dengan ini, total korban tewas dalam gempa di Turkiye dan Suriah sekarang menjadi 44.377 orang.

Wakil Presiden Turkiye Fuat Oktay sebelumnya mengatakan pada Sabtu (18/2/2023), bahwa sekitar 105.000 bangunan di negaranya telah runtuh terdampak gempa.

Sementara itu, belakangan jarang ada laporan yang mengungkap temuan korban selamat akibat gempa baik di Turkiye maupun di Suriah.

Ini terjadi karena semakin kecil kemungkinan penduduk bisa selamat setelah tertimbun puing-puing dalam waktu yang lama.

Baca juga: 2 WNI yang Hilang Kontak Setelah Gempa Turkiye Ditemukan Meninggal di Diyarbakir

Setidaknya pada hari Sabtu, tim penyelamat menemukan seorang pria dan seorang perempuan hidup pada jam ke-296 di kota Antakya, Turki selatan.

Namun sayang, ketiga anak mereka tidak selamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com