Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolombia Laporkan Ada Obyek Diduga Balon Mata-mata China di Wilayahnya

Kompas.com - 06/02/2023, 13:23 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BOGOTA, KOMPAS.com - Kolombia melaporkan ada obyek diduga serupa balon mata-mata China yang ditembak jatuh oleh Amerika Serikat (AS).

Laporan ini diumumkan setelah Washington memperingatkan bahwa balon mata-mata China terlihat di Amerika Latin.

Dikutip dari kantor berita AFP, Angkatan Udara Kolombia mengatakan bahwa obyek dengan karakteristik mirip balon terdeteksi pada Jumat (3/2/2023) dan dipantau sampai meninggalkan ruang udara nasional.

Baca juga: AS Tembak Jatuh Balon Mata-mata China di Atlantik

Benda itu terbang pada ketinggian 55.000 kaki dan kecepatan rata-rata 25 knot (46 kilometer per jam), kata AU Kolombia pada Sabtu (4/2/2023).

Mereka menambahkan, benda itu bukan ancaman bagi keamanan nasional, pertahanan, atau keamanan penerbangan.

AU Kolombia sedang melakukan penyelidikan berkoordinasi dengan negara dan lembaga lain untuk menentukan asal-usul obyek tersebut.

Jet tempur AS pada Sabtu (4/2/2023) menembak jatuh benda yang disebut balon mata-mata China di lepas pantai South Carolina. Washington mengecamnya sebagai pelanggaran yang tidak dapat diterima.

Obyek tersebut terbang beberapa hari di atas Amerika Utara. China mengeklaim benda itu balon cuaca yang melenceng dari rute.

Baca juga:

Benda diduga balon mata-mata China lainnya terlihat di atas Amerika Latin, kata Pentagon pada Jumat (3/2/2023) tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Tidak ada negara Amerika Latin lain yang melaporkan melihat obyek itu, sementara Venezuela pada Minggu (5/2/2023) mengecam serangan AS terhadap benda yang dosebutnya pesawat tak berawak sipil asal China.

Negara di bawah sanksi AS itu berujar, "Amerika Serikat sekali lagi menggunakan kekuatan daripada memperlakukan situasi ini dengan keseriusan dan tanggung jawab yang pantas."

Baca juga: Dugaan Kenapa China Terbangkan Balon Mata-mata di AS, padahal Punya Satelit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com