Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Jerman Janjikan Ukraina Tank Leopard, Putin Tetap Terbuka Berbicara dengan Scholz

Kompas.com - 30/01/2023, 07:46 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber CNN,Reuters

MOSKWA, KOMPAS.com – Presiden Rusia Vladimir Putin terbuka untuk melakukan kontak dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz meski sejauh ini belum dijadwalkan melakukan panggilan telepon dalam beberapa waktu ke depan.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Istana Kepresidenan Rusia alias Kremlin Dmitry Peskov kepada kantor berita RIA Novosti pada Minggu (29/1/2023).

Sebelumnya, Jerman menyatakan siap mengirim 14 tank Leopard 2 ke Kyiv dan mengizinkan negara-negara sekutunya melakukan re-ekspor Leopard ke Ukraina.

Baca juga: Rusia Sebut AS Rekrut Hacker dan Latih Pasukan Siber Ukraina

Tak lama setelah pengumuman Jerman, AS juga menyatakan komitmennya untuk mengirim tank M1 Abrams ke Ukraina.

Pengiriman tank yang dijanjikan AS dan Jerman ke Ukraina tersebut langsung direspons kemarahan oleh Rusia, sebagaimana dilansir Reuters.

“Untuk saat ini, tidak ada pembicaraan yang disepakati (dengan Scholz) dalam jadwal. Putin telah dan tetap terbuka untuk dihubungi,” kata Peskov seperti dikutip RIA Novosti.

Harian Tagesspiegel mengutip Scholz dalam wawancara yang mengatakan bahwa dirinya akan berbicara dengan Putin lagi.

Baca juga: Korea Utara Kecam AS 2 Kali karena Kirim Tank ke Ukraina

“Karena perlu untuk berbicara,” ucap Scholz.

“Putin bertanggung jawab untuk menarik pasukan dari Ukraina guna mengakhiri perang yang mengerikan dan tidak masuk akal ini yang telah menelan korban ratusan ribu nyawa,” sambungnya.

Putin dan Scholz kali terakhir berbicara melalui telepon pada awal Desember 2022.

Jerman adalah penyumbang peralatan militer terbesar kedua ke Ukraina setelah AS, menurut Kiel Institute for the World Economy.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Duta Besar Ukraina untuk Perancis Vadym Omelchenko mengatakan, negaranya akan mendapat 321 tank dari sejumlah negara Barat.

Baca juga: Ukraina Dapat 321 Tank dari Barat, Senjata Ofensif Kuat

“Sampai hari ini, banyak negara telah secara resmi mengonfirmasi kesepakatan mereka untuk mengirimkan 321 tank berat ke Ukraina,” kata Omelchenko kepada stasiun French TV dan BFM, Jumat (27/1/2023).

Meski demikian, dia tidak merinci negara mana saja yang akan memberikan tank atau model apa yang akan dikirim, sebagaimana dilansir CNN.

AS berjanji untuk mengirim 31 tank M1 Abrams sedangkan Jerman siap mengirim 14 tank Leopard 2.

Inggris juga telah berjanji untuk menyediakan 14 unit tank Challenger 2, sementara Polandia telah meminta persetujuan dari Jerman untuk mentransfer beberapa Leopard 2 buatan Jerman ke Ukraina.

Baca juga: Korea Utara Sebut AS Perluas Perang Proksi dengan Kirim Tank ke Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com