Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Hidup Orang-orang yang Berumur 100 Tahun Lebih

Kompas.com - 23/01/2023, 21:14 WIB
BBC News Indonesia,
Aditya Jaya Iswara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Orang tertua sedunia asal Perancis biarawati Lucille Randon atau dikenal sebagai Suster Andre, meninggal pada 17 Januari di usia 118 tahun.

Diskusi mulai mengemuka tentang siapa yang akan mewarisi rekornya yang diakui oleh Guinness World Book of Records. Salah satu yang masuk daftar, dan usianya sudah diverifikasi adalah Maria Branyas Morera dari Amerika Serikat. Ia akan memasuki usia 116 tahun pada Maret mendatang.

Di antara pria, rekor orang tertua masih dipegang oleh Juan Vicente Mora dari Venezuela dengan usia 113 tahun.

Baca juga: Lucile Randon, Pemegang Rekor Orang Tertua di Dunia, Meninggal pada Usia 118 Tahun

Tapi satu hal yang pasti: rekor ini masih jauh dari posisi aman.

Dalam beberapa dekade terahir, jumlah orang yang menjadi centenarian (orang yang berusia 100 tahun atau lebih) terus berkembang.

Divisi Populasi PBB memperkirakan bahwa lebih dari 621.000 orang berusia sedikitnya 100 tahun hidup di seluruh dunia pada 2021. Jumlahnya diperkirakan akan melampaui satu juta jiwa pada akhir dekade ini.

Pada 1990, hanya ada 92.000 orang yang mampu mencapai usia satu abad.

BBC INDONESIA Pria dan wanita tertua yang pernah hidup

Angka harapan hidup manusia saat ini telah berkembang pesat berkat kemajuan di dunia medis, makanan, dan kondisi hidup jika dibandingkan dengan nenek moyang kita.

Rata-rata orang yang lahir pada 1960, dapat berharap bisa hidup sekitar 52 tahun. Tahun kelahiran tersebut yang mulai dihitung PBB secara global.

Mencapai usia 100 tahun bukan sesuatu yang mudah

Tapi bisa mencapai usia satu abad bukanlah prestasi biasa saja: Orang yang mencapai usia tersebut hanya ada 0.008 persen dari total populasi dunia di tahun 2021, menurut laporan PBB.

Rata-rata angka harapan hidup sekarang berada di sekitar usia 73 tahun, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), tapi angka ini berbeda-beda dari satu negara dengan negara lainnya. Misalnya di Jepang, rata-rata penduduknya bisa hidup hingga usia 85 tahun, sementara di Republik Afrika Tengah angka harapan hidupnya rata-rata hanya 54 tahun.

Selain itu, banyak orang yang mencapai usia tua kemungkinan akan terserang penyakit kronis.

"Hidup lebih lama bukan berarti sama dengan hidup dengan baik," kata Janet Lord, seorang profesor biologi sel imun di Universitas Birmingham di Inggris.

BBC INDONESIA Jumlah orang yang berusia 100 tahun di dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com