Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buzz Aldrin, Orang Kedua yang Injakkan Kaki di Bulan, Menikah di Usia 93 Tahun

Kompas.com - 22/01/2023, 12:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Astronot legendaris Buzz Aldrin telah mengumumkan bahwa dia telah menikahi cinta lamanya pada hari ulang tahunnya yang ke-93.

Dia mengatakan bahwa mereka amat bersemangat, seperti "remaja kawin lari".

Pensiunan astronot yang juga merupakan orang kedua yang pernah menginjakkan kaki di bulan, mengatakan dia telah mengikat cinta dengan Dr Anca Faur, yang dilaporkan berusia 63 tahun, dalam sebuah upacara kecil di Los Angeles.

Baca juga: John McFall, Atlet Paralimpiade Inggris Disiapkan Jadi Astronot Difabel Pertama di Dunia

"Pada hari ulang tahun saya yang ke-93 dan hari dimana saya dihormati sebagai Legenda Hidup Penerbangan, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa cinta lama saya Dr Anca Faur dan saya telah mengikat ikatan," cuit Aldrin.

"Kami menggelar pernikahan suci dalam sebuah upacara pribadi kecil di Los Angeles dan sama bersemangatnya dengan remaja yang kawin lari," tambahnya.

Aldrin membagikan dua foto dari pernikahan yang memperlihatkan Dr Faur dengan gaun gemerlap dan dirinya mengenakan setelan rapi, dihiasi dengan medali dan lencana Angkatan Udara.

Dia terkenal karena menjadi bagian dari misi bulan Apollo 11 pada tahun 1969, yang membuatnya meledak ke permukaan bulan bersama Neil Armstrong dan Michael Collins.

Dari tiga astronot ternama dunia, hanya Aldrin yang masih hidup hingga saat ini.

Aldrin pensiun dari NASA pada Juli 1971 dan menjabat sebagai komandan Sekolah Percontohan Penelitian Dirgantara di Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California hingga pensiun dari Angkatan Udara pada tahun 1972.

Baca juga: Viral Astronot Eropa Tampilkan Gerakan Yoga di Luar Angkasa

Setelah itu, dia melanjutkan dengan menulis sembilan buku dan membuat wadah pemikir bernama Human SpaceFlight Institute, yang akan diluncurkan sepenuhnya akhir tahun ini.

Sementara Dr Faur bekerja sebagai wakil presiden eksekutif Buzz Aldrin Ventures LLC, menurut LinkedIn, dan memiliki gelar PhD di bidang teknik kimia dari University of Pittsburgh.

Aldrin pernah menikah tiga kali sebelumnya, namun masing-masing berakhir dengan perceraian.

Baca juga: Video Astronot Jatuh di Permukaan Bulan Viral, Warganet: Dia Tak Berbakat Moonwalk

Dia berbagi tiga anak, James, Janice dan Andrew, dengan istri pertamanya, Joan Ann Archer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com