Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Terus Pantau Kapal Mata-mata Rusia di Lepas Pantai Hawaii

Kompas.com - 20/01/2023, 18:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah kapal mata-mata Rusia disebut telah berpatroli di lepas pantai Hawaii meski sejauh ini tetap berada di perairan internasional, kata Pentagon, Kamis (19/1/2022).

Kemunculan kapal pengintai Rusia di sepanjang garis pantai AS memang bukanlah hal yang aneh, tapi yang satu ini telah menarik lebih banyak perhatian karena meningkatnya ketegangan antara AS dan Rusia atas invasi Moskwa ke Ukraina serta ancaman terselubung penggunaan senjata nuklir.

Kapal pengintai Kareliya kelas Vishnya telah dipantau oleh Penjaga Pantai AS yang berlayar di dekat Hawaii selama beberapa minggu terakhir.

Baca juga: Mantan Presiden Rusia Ancam Perang Nuklir Jika Rusia Kalah Perang di Ukraina

"Saya tidak dapat berbicara mengapa Rusia melayarkan kapal sekarang, ini adalah waktu yang genting," kata juru bicara Pentagon Sabrina Singh, sebagaimana dilansir dari Associated Press

Dia mengatakan Penjaga Pantai masih memantau kapal yang telah beroperasi di perairan internasional.

“Kami belum melihat perilaku yang tidak aman atau tidak profesional dan kami berharap Rusia akan beroperasi di wilayah tersebut sesuai dengan hukum internasional,” kata Singh.

Dalam video yang diposting ke Twitter oleh Penjaga Pantai, kapal tersebut tampaknya ditarik oleh kapal lain atau dalam mode pasokan.

Baca juga: Bos CIA Bocorkan Rencana Perang Rusia, Temui Zelensky Diam-diam

“Komando Indo-Pasifik AS sedang memantau kapal-kapal Rusia yang beroperasi di perairan internasional di Pasifik Barat,” kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.

“Karena Rusia beroperasi di kawasan itu, diharapkan untuk melakukannya sesuai dengan hukum internasional.”

Baca juga: Kapal Rusia Mondar-mandir Dekat Hawaii, Disebut Kumpulkan Informasi Intelijen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com