Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-328 Serangan Rusia ke Ukraina: Pelatih Tinju Ukraina Terbunuh Rudal, Bendera Rusia Dilarang di Arena Australia Terbuka

Kompas.com - 18/01/2023, 07:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi “mewarnai” perang Rusia-Ukraina hari ke-328 pada Selasa (17/1/2023).

Ini termasuk, ratusan orang memadati akademi olahraga lokal di Dnipro, Ukraina pada untuk memberikan penghormatan terakhir kepada pelatih tinju Ukraina Mykhaylo Korenovsky yang tewas akibat serangan rudal Rusia.

Selain itu, Tenis Australia (TA) melarang bendera Rusia dan Belarus di arena Australia Terbuka setelah perwakilan Ukraina menuntut tindakan ketika bendera itu terlihat di antara penonton.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-327 Serangan Rusia ke Ukraina: Moskwa-Belarus Latihan Militer | PBB Duga Kejahatan Perang di Dnipro

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-328 yang dapat Anda simak:

Alasan Inggris kirim tank ke Ukraina

Pada hari Selasa, Inggris menjelaskan alasan mengirim tank ke Ukraina sebagai bentuk "keharusan moral," 

Dalam agenda kunjungan ke Washington DC, Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly, mengatakan bahwa Inggris mengirimkan sinyal kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dengan mendukung Ukraina dan menjadi negara pertama yang menyetujui permintaan Kyiv untuk tank Barat.

“Yang harus dipahami Putin adalah kami akan memiliki ketahanan strategis untuk tetap bersama mereka sampai pekerjaan selesai. Dan hal terbaik yang bisa dia lakukan untuk menyelamatkan nyawa pasukannya sendiri adalah menyadari bahwa kami akan tetap bersama Ukraina sampai mereka menang," kata dia di Pusat Studi Strategis dan Internasional AS, dikutip dari AFP.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-326 Serangan Rusia ke Ukraina: Gelombang Serangan Rudal Moskwa, Rusia Batalkan Pertukaran Tahanan

Belanda akan meningkatkan dukungan untuk pertahanan rudal Patriot di Ukraina

PM Belanda Mark Rutte pada Selasa menyatakan kesiapan bergabung dengan upaya Jerman-AS untuk mempersenjatai Ukraina dengan sistem pertahanan udara Patriot yang canggih.

Rutte memberi tahu Presiden AS Joe Biden pada pertemuan di Gedung Putih bahwa Belanda memiliki niat untuk bergabung dengan apa yang telah dilakukan AS dengan Jerman dalam proyek Patriots, sistem pertahanan udara.

"Saya pikir itu penting dan kami bergabung dengan itu," kata dia.

Rudal Rusia bunuh pelatih tinju Ukriana

Ratusan orang memadati akademi olahraga lokal di Dnipro pada hari Selasa untuk memberikan penghormatan kepada pelatih tinju Mykhaylo Korenovsky.

Dia tewas ketika rudal Rusia menghantam sebuah blok apartemen akhir pekan lalu.

Korenovsky adalah salah satu dari sedikitnya 45 orang yang tewas akibat serangan Rusia di blok perumahan yang dirancang Soviet di kota Ukraina timur.

Enam anak tewas dalam serangan itu, termasuk bayi berusia 11 bulan.

Banyaknya korban membuat serangan pada Sabtu (14/1/2023) menjadi salah satu serangan paling mematikan sejak Rusia menginvasi Ukraina hampir 11 bulan lalu, meskipun Kremlin menyangkal bertanggung jawab.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com