Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tagihan Kartu Kredit Bolsonaro: Rp 24,5 Juta untuk Es Krim

Kompas.com - 14/01/2023, 13:15 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

Penulis: VOA Indonesia

BRASILIA, KOMPAS.com - Lebih dari 21.000 dollar AS (sekitar Rp 322 juta) dibelanjakan di restoran dan 10.700 dollar AS (Rp 164 juta) dibelanjakan dalam sehari di toko roti.

Itulah antara lain tagihan kartu kredit resmi mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang dirilis ke publik, Jumat (13/1/2023). Pembelanjaan itu membuat masyarakat bertanya-tanya.

Lebih dari 5 juta dollar AS ditagihkan ke kartu kredit presiden sayap kanan itu selama empat tahun masa jabatannya, menurut tagihan yang dirilis Jumat di situs web pemerintah.

Baca juga: Buntut Kerusuhan Brasil, Jair Bolsonaro Akan Ikut Diselidiki

Tidak seperti pendahulunya, Bolsonaro menetapkan masa 100 tahun untuk merahasiakan pengeluaran kartu kredit presiden, di antara informasi resmi lainnya. Ketetapan itu dicabut penerusnya, Luiz Inacio Lula da Silva. Bolsonaro dan 21 anggota timnya memiliki akses ke kartu tersebut.

 

Disesuaikan dengan inflasi, jumlah yang ditagihkan ke kartu kredit itu hampir setengah dari belanja dalam masa jabatan empat tahun pertama Lula yang dimulai pada 2003, meskipun ia menggunakan kartu tersebut terutama untuk akomodasi ketika bepergian ke luar negeri.

Bolsonaro sering mengeklaim tidak membebankan satu sen pun ke kartu tersebut. Akan tetapi, analisis catatan yang baru diungkap situs web berita Uol mendapati bahwa Bolsonaro membelanjakan setara lebih dari 235.000 dollar AS ketika berlibur pada 2019, 2020, dan 2021.

Hampir 14.000 dollar AS dibelanjakan untuk sekali kunjungan ke pom bensin dan 286.000 dollar AS lainnya dihabiskan untuk beberapa kunjungan ke hotel mewah di Guaruja, resor tepi laut dekat Sao Paulo.

Baca juga: Putra Bolsonaro Sempat Bertemu Trump Pasca-kalah Pemilu, Gagas Protes Seperti Capitol

 

Menurut situs web G1, hotel itu menampung rombongan Bolsonaro, sementara dia tinggal di kompleks militer.

Pengeluaran untuk makanan termasuk yang paling mencengangkan. Pada satu kunjungan ke satu restoran di Boa Vista di negara bagian Roraima di Amazon, kartu kredit presiden digunakan untuk membayar tagihan lebih dari 21.000 dollar AS.

 

Itu cukup untuk memesan 2.000 piring hidangan termahal di restoran itu: ayam panggang yang harganya kurang dari 10 dollar AS.

Kartu itu juga digunakan untuk membayar lebih dari 71.000 dollar AS selama empat tahun di satu toko roti di Rio de Janeiro.

Baca juga: Seruan Mengusir Mantan Presiden Brasil Bolsonaro dari AS Meningkat

Dari jumlah ini, hampir 11.000 dollar AS dihabiskan untuk sekali pembelanjaan sehari setelah pernikahan putra Bolsonaro.

Pembelanjaan itu juga terjadi pada malam reli sepeda motor yang diselenggarakan pendukung Bolsonaro di jalan-jalan Rio.

Total lebih dari 1.600 dollar AS (Rp 24,5 juta) dihabiskan oleh Bolsonaro di toko es krim.

Artikel ini pernah tayang di VOA Indonesia dengan judul Tagihan Kartu Kredit Bolsonaro: Rp24,5 juta untuk Es Krim

Baca juga: Mantan Presiden Brasil Bolsonaro Dirawat di Rumah Sakit, 1.500 Pendukungnya Ditangkap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com