Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2023, 17:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Sky News

LONDON, KOMPAS.com – Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan menandatangani perjanjian pertahanan terbaru antara kedua negara.

Penandatanganan tersebut dijadwalkan berlangsung pada Rabu (11/1/2023) di Tower of London, sebagaimana dilansir Sky News.

Kesepakatan tersebut, menurut Pemerintah Inggris, akan menjadi perjanjian pertahanan paling penting antara kedua negara dalam lebih dari satu abad.

Baca juga: Polisi Inggris Sita Paket Berisi Uranium di Bandara Heathrow London

Di Tower of London yang bersejarah, Sunak dan Kishida juga akan melihat-lihat display baju zirah Jepang zaman dahulu.

Baju Zirah tersebut dihadiahkan Shogun Tokugawa Hidetada dari Jepang kepada Raja James VI pada 1613. Hadiah itu merupakan tanda perjanjian perdagangan pertama antara kedua negara.

Perjanjian pertahanan baru tersebut memungkinkan Inggris dan Jepang untuk mengerahkan pasukan di negara satu sama lain.

Sky News melaporkan, perjanjian pertahanan tersebut akan menjadikan Inggris sebagai negara Eropa pertama yang memiliki perjanjian akses pasukan secara timbal balik dengan Jepang.

Baca juga: Roket Luar Angkasa Pertama yang Diluncurkan dari Inggris Gagal Mengorbit

Sejatinya, perjanjian pertahanan itu telah dirancang selama bertahun-tahun lalu. Mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyetujui prinsip-prinsip dari kesepakatan itu pada Mei saat Kishida mengunjungi Inggris.

Sunak mengatakan, perjanjian pertahanan tersebut akan memperkuat komitmen Inggris terhadap Indo-Pasifik sekaligus meningkatkan keamanan ekonomi.

Sejumlah pejabat menyampaikan, perjanjian pertahanan itu juga memungkinkan pasukan dari kedua negara merencanakan dan melaksanakan latihan dan pengerahan militer yang lebih besar dan lebih kompleks.

“Dalam 12 bulan terakhir, kami telah menulis bab berikutnya dari hubungan antara Inggris dan Jepang - mempercepat, membangun, dan memperdalam hubungan kita,” ucap Sunak.

Baca juga: Inggris Segera Wajibkan Pemasangan Microchip untuk Kucing Peliharaan

“Dalam dunia yang semakin kompetitif ini, semakin penting bagi masyarakat demokratis untuk terus berdiri bahu membahu saat kita menavigasi tantangan global yang belum pernah terjadi sebelumnya di zaman kita,” lanjutnya.

Bulan lalu, Jepang mengumumkan telah menerapkan reformasi keamanan dan pertahanan sejak Perang Dunia II.

Selain itu, Inggris dan Jepang beserta Italia juga sepakat bekerja sama mengembangkan jet tempur tempur generasi berikutnya.

Bulan lalu, Inggris dan Jepang juga meluncurkan kemitraan digital terbaru untuk memperkuat kerja sama lintas ketahanan dunia maya, keamanan online, dan semikonduktor.

Baca juga: Pangeran Harry Sebut Anggota Kerajaan Inggris yang Tanya Warna Kulit Anak Meghan Tidak Rasis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Sky News

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com