Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Mulai Larang Perjalanan Non-esensial ke China karena Covid-19

Kompas.com - 07/01/2023, 20:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

BERLIN, KOMPAS.com - Jerman mulai melarang perjalanan non-esensial ke China pada Sabtu (7/1/2023).

Kebijakan itu diambil Jerman karena China sedang berjuang dengan lonjakan kasus Covid-19 setelah melonggarkan pembatasan virus yang ketat.

"Saat ini kami mencegah perjalanan non-esensial ke China. Alasannya adalah puncak infeksi Covid-19 dan sistem kesehatan yang kewalahan (di sana)," kata Kementerian Luar Negeri Jerman di Twitter.

Baca juga: 17 Pesawat dan 3 Kapal China Dekati Taiwan, Taipei Siaga

Lebih dari selusin negara di dunia diketahui telah memberlakukan peraturan perjalanan baru bagi para pelancong dari China.

Pakar Uni Eropa pada pekan ini sangat menganjurkan 27 negara anggota untuk menuntut tes Covid dari orang-orang dalam penerbangan dari China dan melakukan tes acak pada saat kedatangan.

Sebagaimana dikutip dari AFP, beberapa negara UE lainnya, termasuk Jerman, Perancis, Jerman, Italia, dan Spanyol telah mengumumkan persyaratan tes Covid pada pelancong dari China.

Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan adalah negara-negara non-Eropa yang telah melakukan tindakan serupa.

Baca juga: Taliban Tandatangani Kontrak Tambang Minyak dengan China

Sementara itu, pihak berwenang China mengatakan, dalam beberapa hari terakhir bahwa gelombang pertama infeksi telah mencapai puncaknya di sejumlah kota termasuk Beijing dan Tianjin.

Tetapi, para pejabat memperingatkan wabah masih bisa berkembang dalam beberapa minggu mendatang karena sekarang memasuki musim perjalanan musim dingin bagi pekerja kota mudik ke kampung halaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com