Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

738 Bayi di Peru Dinamai Pele

Kompas.com - 07/01/2023, 14:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LIMA, KOMPAS.com - Dunia kehilangan Pele, "raja" sepak bola yang meninggal pada 2022, tetapi namanya akan tetap hidup di lebih dari 700 anak Peru yang lahir tahun lalu.

Menurut Daftar Identifikasi Nasional dan Status Sipil Peru, 738 bayi terdaftar dengan nama Pele, King Pele, Edson Arantes, atau Edson Arantes do Nascimento, nama lengkap juara Piala Dunia tiga kali itu, pada akhir 2022.

Pele meninggal pada 29 Desember 2022 dalam usia 82 tahun. Ribuan orang melayat pada Senin (2/1/2023) di stadion klub lamanya, Santos.

Baca juga: Ibu Pele Masih Hidup di Usia 100 Tahun, Tak Sadar Sang Anak Meninggal

Sementara itu, untuk nama gadis-gadis Peru, 551 anak dinamai Ratu Elizabeth, Elizabeth Kedua, atau Elizabeth II, setelah penguasa Kerajaan Inggris tersebut meninggal pada September 2022.

Akan tetapi, nama orang terkenal paling populer yang digunakan para orangtua Peru adalah Cristiano Ronaldo yang merupakan bintang Portugal. Ronaldo atau nama lengkapnya dipilih 31.583 kali.

Menamai anak dengan tema sepak bola banyak terjadi di Peru. Sebanyak 371 bayi bernama Leo Messi atau Messi sesuai ikon timnas Argentina itu, dan 229 bayi diberi nama Mbappe atau Kylian Mbappe mencontoh sang bintang Perancis.

Baca juga: Tempat Permakaman Pele Tertinggi di Dunia, Berupa Replika Stadion dengan Rumput Buatan

Ada juga 733 nama Maverick mengikuti karakter yang diperankan Tom Cruise di sekuel film Top Gun (2022).

Di antara nama perempuan, Rubi adalah yang terbanyak digunakan dengan 24.980, diikuti 1.787 bayi perempuan yang dinamai penyanyi Kolombia, Shakira.

Ada juga 250 Merlina, meniru nama putri bungsu keluarga fiksi Addams yang dikenal di beberapa negara Amerika Latin. Karakter tersebut dibuatkan seri spin-off-nya sendiri di Netflix pada 2022.

Ada juga seorang anak yang lahir tahun lalu dinamai Elon Musk, sementara yang lain diberi nama "Qatar" sesuai negara tuan rumah Piala Dunia 2022.

Baca juga: Disebut Raja Sepak Bola, Berapa Sebenarnya Rekor Gol Pele?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com