Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid China Naik, Uni Eropa Minta Tes Penumpang dari China dan Uji Limbah Penerbangan

Kompas.com - 05/01/2023, 12:13 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BRUSSELS, KOMPAS.com - Hasil pertemuan krisis para pakar Uni Eropa pada Rabu (4/1/2023) menutuskan, negara-negara UE sangat didorong untuk mewajibkan tes Covid bagi penumpang dari China.

Pertemuan tersebut juga merekomendasikan penumpang ke dan dari China memakai masker wajah, lalu negara-negara UE melakukan tes Covid acak saat kedatangan dan menguji air limbah penerbangan dari China, menurut keterangan Swedia yang memegang kepresidenan Uni Eropa.

Negara-negara anggota disarankan meminta hasil tes Covid negatif yang dilakukan kurang dari 48 jam sebelum keberangkatan dari China.

Baca juga: China Kecam Aturan Pembatasan Covid-19 bagi Pelancong dari Negaranya

Saran juga mencakup aturan kebersihan dan kesehatan bagi pelancong internasional yang masuk dan keluar serta staf pesawat juga bandara.

Rapat diadakan untuk mengoordinasikan tanggapan bersama UE terhadap arus masuk pengunjung yang tiba-tiba dari China, setelah Beijing mencabut kebijakan nol-Covid yang selama tiga tahun memberlakukan pembatasan ketat ketika kasus virus corona terdeteksi.

Kantor berita AFP melaporkan, musyawarah dalam pertemuan itu berlangsung berjam-jam lebih lambat dari yang diperkirakan Swedia, menunjukkan sudut pandang berbeda-beda di antara 27 negara anggota UE.

Pada akhirnya negara-negara anggota sepakat merekomendasikan cara pencegahan. Mereka khawatir kedatangan yang tak terpantau dari China menimbulkan varian atau subvarian baru virus corona di Eropa yang bisa lolos dari perlindungan vaksin.

Baca juga:

Negara-negara UE juga menyatakan keprihatinan bahwa data Covid China tidak mencukupi. Pandangan ini diungkapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (4/1/2023).

Para ahli mengatakan, mereka akan terus memantau situasi di Uni Eropa dan China termasuk tingkat data yang dibagikan.

Mereka akan meninjau kembali langkah-langkah yang diambil pada pertengahan Januari terkait situasi kasus Covid China naik.

Baca juga: Situasi Lonjakan Covid di China, RS Shanghai Penuh Pasien Lansia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com