Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Media Ramai-ramai Kecam Presiden Meksiko

Kompas.com - 22/12/2022, 15:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber The Hill

NEW MEXICO, KOMPAS.com - Meksiko dapat terjerumus ke era kekerasan mematikan yang bahkan lebih berdarah terhadap pers kecuali jika pemimpin populisnya berhenti melecehkan media.

Hal ini diperingatkan sejumlah jurnalis top negara itu setelah upaya nyata untuk membunuh salah satu pembawa berita paling terkenal di sana.

Dilansir dari The Hill, dalam sebuah surat terbuka, para penandatangan, termasuk para profesional dari media besar termasuk El Universal, Excélsior, Milenio dan Reforma, mengeluarkan teguran kepada presiden "penghancur media Meksiko", Andrés Manuel López Obrador.

Baca juga: Saudara Bos Kartel Besar Ditangkap, Meksiko Persiapkan Serangan Balas Dendam#

“Hampir semua curahan kebencian terhadap jurnalis diinkubasi, lahir dan disebarluaskan dari istana kepresidenan,” kata deklarasi tersebut, yang ditulis sebagai tanggapan atas serangan senjata pada pekan lalu terhadap pembaca berita Ciro Gómez Leyva di Mexico City.

“Kemarahan kami atas insiden ini, membuat kami menuntut agar Presiden Andrés Manuel López Obrador menghentikan pelecehannya terhadap jurnalis kritis,” tulis para jurnalis.

“Fitnah yang menggantikan debat gagasan adalah ajakan untuk melakukan kekerasan fisik terhadap jurnalis yang distigmatisasi oleh presiden,” tambahnya.

Baca juga: Meksiko Pertimbangkan Beri Suaka untuk Presiden Peru yang Baru Dimakzulkan

Mereka menegaskan jika Presiden López Obrador tidak mengendalikan naluri marahnya terhadap jurnalis kritis, Meksiko akan memasuki fase yang lebih berdarah daripada yang pernah dialami negara-negara Amerika Latin lainnya.

"Pembunuhan jurnalis untuk mengacaukan pemerintah, atau pembunuhan sebagai balasan untuk bantuan pemerintah,” surat itu menyimpulkan.

Meksiko sudah menjadi salah satu tempat paling berbahaya di dunia bagi jurnalis ketika López Obrador, yang banyak disebut Amlo, mengambil alih kekuasaan pada akhir 2018.

Baca juga: Kelakuan Buruk Wisatawan Usai Aturan Covid Dicabut: dari Menari Telanjang di Bali hingga Joget di Piramida Meksiko

Namun kondisinya telah memburuk secara dramatis di bawah seorang nasionalis berusia 69 tahun yang, seperti Donald Trump dan Jair Bolsonaro dari Brasil, terkenal karena pidatonya terhadap pers.

Beberapa percaya bahwa serangan verbal semacam itu berkontribusi pada suasana buruk yang menyebabkan 42 jurnalis terbunuh selama paruh pertama masa jabatan enam tahun Amlo, dibandingkan dengan 45 selama seluruh pemerintahan pendahulunya.

Tahun ini setidaknya 16 jurnalis Meksiko telah terbunuh, termasuk jurnalis foto terkenal Tijuana Margarito Martínez Esquivel.

Baca juga: Kenapa Presiden Meksiko Tidak Pernah Keluar Negeri, Termasuk ke KTT G20?

Satu bulan setelah pembunuhan Martínez, Amlo melakukan perjalanan ke kota perbatasan utara hanya untuk menakuti rekan-rekan fotografer yang sedang berduka dengan memarahi jurnalis yang dia sebut "tentara bayaran".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Hill

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com