Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyanderaan di Pusat Perbelanjaan Jerman, Pelaku Bunuh Ibunya Sebelum Menyekap Korban

Kompas.com - 11/12/2022, 13:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Sky News

DRESDEN, KOMPAS.com - Drama penyanderaan di Jerman dilaporkan telah terkendali setelah tersangka bersenjata tewas dalam operasi penyelamatan sandera oleh aparat.

Polisi mengatakan mereka awalnya berkomunikasi dengan pelaku, yang adalah seorang pria warga negara Jerman berusia 40 tahun.

Dia mengaku membarikade dirinya di sebuah pusat perbelanjaan, bersama dengan seorang anak berusia sembilan tahun dan seorang pekerja toko berusia 38 tahun.

Tepat setelah tengah hari pada Sabtu (10/12/2022) polisi melaporkan bahwa situasi penyanderaan telah berakhir.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] WNI Pemetik Buah di Inggris Terlilit Utang Bayar Broker | Plot Kudeta Jerman

Hasil tersebut tercapai setelah 300 petugas termasuk petugas pasukan khusus diturunkan selama insiden tersebut.

Penyerang yang tidak disebutkan namanya meninggal selama operasi, polisi di negara bagian Saxony, Ibu Kota Dresden, dalam unggahan di Twitter.

"Pria berusia 40 tahun itu (tersangka) menderita luka fatal selama serangan dan proses pembebasan para sandera. Keadaan spesifiknya masih dalam penyelidikan lebih lanjut," kata pasukan itu dalam sebuah pernyataan.

Petugas satuan tugas khusus menggunakan senjata api yang mengakibatkan tersangka terluka parah selama operasi penyelamatan sandera.

Kronologi penyanderaan

Dia diduga membunuh ibunya (62 tahun), yang ditemukan tewas di bagian lain Dresden pada dini Sabtu (10/12/2022), sebelum melakukan perjalanan ke pusat kota.

Sekitar pukul 08.30 waktu setempat, pria itu memasuki sebuah gedung di Ammonstrasse, melepaskan tembakan ke pintu sebuah stasiun radio.

Baca juga: Siapakah Pangeran Sayap Kanan yang Jadi Penentu Plot Kudeta Jerman?

Dia membawa bocah sembilan tahun, yang diyakini sebagai anak temannya, bersamanya saat itu, kata Polisi Saxony sebagaimana dilansir Sky News.

Staf di Radio Dresden melaporkan seorang pria bersenjata telah memasuki gedung kantor Ammonhof, tempat penyiar itu berada, dan melepaskan beberapa tembakan.

Tersangka kemudian membawa anak yang dia sandera ke pusat perbelanjaan Altmarkt-Galerie, kemudian diduga menyandera seorang pekerja toko dan membarikade mereka di dalam kantor.

Tersangka kemudian menelepon polisi dan berkontak dengan kelompok negosiasi kepolisian di lokasi, tak lama setelah pukul 11.30 waktu setempat.

Mal dievakuasi dan pasar Natal Striezelmarkt Dresden ditutup selama operasi untuk membebaskan para sandera sedang berlangsung.

Halaman:
Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com