Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Prof. Dr. Ahmad M Ramli
Guru Besar Cyber Law & Regulasi Digital UNPAD

Guru Besar Cyber Law, Digital Policy-Regulation & Kekayaan Intelektual Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran

Lagu Pembuka Piala Dunia, Jungkook, dan Fenomena Soft Power

Kompas.com - 04/12/2022, 07:10 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PERHELATAN akbar Piala Dunia Qatar FIFA World Cup 2022 menjadi salah satu peristiwa paling menyita perhatian publik. Pertandingan demi pertandingan berlangsung menjadi hiburan global.

Untuk mereka yang tinggal di negara dengan perbedaan waktu signifikan dengan Qatar, penonton sampai rela begadang demi menyaksikan laga kelas dunia, penuh kualitas, dan sportifitas.

Peristiwa hebat ini tentu tidak hanya mengajari bagaimana sepakbola berkualitas dan penyelenggaraan apik berkelas. Momen ini juga selalu lekat dengan unsur pendukungnya yang dinanti masyarakat dunia.

Unsur pendukung itu, salah satunya adalah lagu resmi Piala Dunia (World Cup offcial song).

Lagu resmi paling populer adalah Dreamers yang dibawakan Jungkook, vokalis BTS Grup asal Korea Selatan yang paling populer di dunia.

Lagu Dreamers dirilis pada 20 November 2022, saat pembukaan kompetisi olahraga paling spektakuler itu.

Dreamers ditulis oleh Jungkook, Mustapha El Ouardi, dan Pat Devine RedOne. Lagu itu kemudian dinyanyikan Jungkook bersama Fahad Al Kubaisi dan dijadikan sebagai soundtrack resmi Piala Dunia FIFA 2022.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagaimana dilansir The Daily Star dalam laporannya dengan judul Jungkook sets new US, iTunes record with World Cup song ‘Dreamers’ (22/11/2022), menulis dengan penuh antusias bahwa personel BTS Jungkook telah mencetak rekor baru di AS, dan menyapu tangga lagu iTunes dengan lagu Piala Dunia FIFA "Dreamers".

Lebih lanjut, The Daily Star melaporkan, segera setelah dirilis, lagu itu langsung melesat ke puncak tangga lagu iTunes di banyak negara.

Hanya 13 jam setelah pertama kali dirilis, singel tersebut telah mencapai No. 1 di tangga lagu iTunes Top Songs di setidaknya 102 wilayah berbeda, termasuk delapan pasar musik terbesar dunia, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Perancis, Kanada, Australia, Jerman, dan Italia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+