Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonathan, Hewan Darat Tertua yang Diketahui Masih Hidup Akan Genap Berusia 190 Tahun

Kompas.com - 03/12/2022, 21:59 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

JAMESTOWN, KOMPAS.com - Jonathan, kura-kura tertua yang tercatat di dunia, akan merayakan ulang tahunnya ke-190 akhir pekan ini.

Kura-kura raksasa Seychelles ini tinggal di Saint Helena sejak 1882, setelah diberikan sebagai hadiah kepada gubernur pulau kecil Atlantik selatan saat itu.

Dia tidak asing dengan ketenaran setelah meraup dua penghargaan dari Guinness World Records.

Jonathan dinobatkan sebagai hewan darat tertua yang diketahui hidup dan kura-kura tertua yang pernah tercatat dari jenis “chelonian” (sebuah ordo yang terdiri dari kura-kura dan terrapin).

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Penyelamatan 3 Penumpang Gelap di Daun Kemudi Kapal | New York dan Singapura Kota Termahal di Dunia

Dalam perjalanan hidup yang hampir mencapai dua abad, kisah kura-kura tertua di dunia ini sempat menggemparkan pengamat binatang.

Sempat dikenal sebagai hewan yang sensitif, Jonathan akhirnya diberi pasangan pada 1991. Keduanya dilaporkan cocok karena terlihat mengembangkan hubungan intim.

Akan tetapi 26 tahun kemudian, tak adanya keturunan keduanya memunculkan pertanyaan ahli.

Pemeriksaan ulang akhirnya mengungkap bahwa ternyata pasangan asmaranya, Frederica, adalah seekor kura-kura jantan.

Jonathan sekarang buta karena katarak dan tidak memiliki indra penciuman. Kulitnya keriput, tapi memang sudah terlihat sejak lama.

Tanggal pasti kelahirannya masih belum diketahui, tapi dia diperkirakan menetas sekitar tahun 1832.

Baru pada November tahun ini, Gubernur Wilayah Luar Negeri Inggris Nigel Phillips menetapkan tanggal ulang tahun resminya, yakni 4 Desember 1832.

Baca juga: New York dan Singapura Jadi Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia, Geser Tel Aviv

Rekor Dunia Guinness mencatat: “Usia Jonathan adalah perkiraan berdasarkan fakta bahwa dia sudah dewasa sepenuhnya, dan karena dia setidaknya berusia 50 tahun ketika tiba di Saint Helena dari Seychelles pada 1882.”

“Kemungkinan besar, dia bahkan lebih tua dari yang kami pikir," ujar Rekor Dunia Guinness sebagaimana dilansir Guardian pada Jumat (2/12/2022).

Melihat usianya, Jonathan berarti masih muda ketika Ratu Victoria naik takhta dan menjadi saksi kebangkitan era teknologi.

Namun dia diyakini tidak bertemu dengan penduduk Saint Helena yang paling terkenal, Jenderal Perancis Napoleon Bonaparte.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com