Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 13:32 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

MADRID, KOMPAS.com - Tiga penumpang gelap ditemukan duduk di daun kemudi kapal tanker yang melakukan perjalanan 11 hari dari Nigeria ke Spanyol pada Selasa (29/11/2022).

Sebuah foto yang dibagikan oleh penjaga pantai menunjukkan para pria itu duduk di daun kemudi di luar buritan kapal tanker minyak Althini II.

Kaki mereka kurang dari satu meter dari permukaan air.

Petugas di Gran Canaria, tempat kapal tanker itu berlabuh, selanjutnya melarikan ketiganya ke rumah sakit, di mana tiga penumpang gelap tersebut mendapat perawatan karena dehidrasi sedang.

Baca juga: Proses Penyelamatan 3 Penumpang Gelap yang Bertahan 11 Hari di Daun Kemudi Kapal Tanker dari Nigeria

Dilansir dari BBC pada Selasa (29/11/2022), tidak jelas apakah mereka menghabiskan seluruh perjalanan dengan bertengger di kemudi.

Althini II berbendera Malta tiba di Las Palmas, Gran Canaria Spanyol setelah berlayar dari kota terbesar Nigeria, Lagos.

Perjalanan itu sejauh lebih dari 2.700 mil laut (sekitar 4.345 kilometer) menurut data yang dikumpulkan oleh situs pelacakan maritim.

Sebagai perbandingan, panjang wilayah indonesia dengan menghitung jarak kota Sabang hingga Merauke berdasarkan garis imajiner mencapai 5.245 kilometer jauhnya.

Kantor berita Spanyol EFE mewartakan bahwa orang-orang itu hanya diperiksa oleh petugas medis di dermaga tempat mereka ditemukan, lalu segera dibawa ke rumah sakit.

Baca juga: Video Penumpang Gelap Ditemukan Hidup di Ruang Roda Pendaratan, Buat Netizen Terkejut

Ini bukan pertama kalinya penumpang gelap ditemukan di daun kemudi kapal, yang bentuknya mirip sirip besar seperti pisau di bawah kapal dan digunakan untuk kemudi.

Seorang anak laki-laki berusia 14 tahun yang juga melakukan perjalanan dari Lagos ke Gran Canaria pada 2020.

Kepada surat kabar El Pais, anak itu mengaku menghabiskan seluruh perjalanan selama 15 hari di kemudi sebuah kapal tanker bahan bakar yang besar.

Anak tersebut dirawat di rumah sakit saat tiba, setelah bertahan hidup di air asin dan bergiliran tidur di lubang di atas kemudi dengan orang lain yang juga bersamanya.

"Kami sangat lemah. Saya tidak pernah membayangkan akan sesulit ini," ujarnya dilansir dari BBC.

Dalam insiden lain di tahun yang sama, empat orang ditemukan di kemudi kapal tanker minyak Norwegia, Champion Pula, setelah melakukan perjalanan dari Lagos ke Las Palmas.

Baca juga: Tubuh “Penumpang Gelap” Ditemukan di Roda Pendaratan Pesawat Penerbangan dari Nigeria

Laporan pada saat itu mengatakan mereka bersembunyi di sebuah ruangan di belakang kemudi selama 10 hari di laut.

Jumlah migran yang menyeberang dengan kapal dari Afrika barat ke Kepulauan Canary milik Spanyol telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Perjalanannya panjang, berbahaya dan mematikan. Pada 2021, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) PBB mencatat 1.126 kematian di rute tersebut.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com