Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Komunikasi Khusus AS-Rusia Disebut Dipakai Sekali Saat Perang Ukraina, Untuk Apa?

Kompas.com - 29/11/2022, 18:15 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Jalur komunikasi yang dibuat antara militer Amerika Serikat dan Rusia pada awal perang Rusia melawan Ukraina sejauh ini hanya digunakan sekali.

Hal ini disampaikan seorang pejabat AS kepada Reuters.

Pejabat yang berbicara dengan syarat anonim itu mengatakan, AS memprakarsai panggilan melalui jalur "deconfliction" untuk mengomunikasikan keprihatinannya tentang operasi militer Rusia di dekat infrastruktur kritis di Ukraina.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-278 Serangan Rusia ke Ukraina: Dukungan ke Serbia di Piala Dunia | Permintaan Olena Zelenska

Reuters jadi yang pertama melaporkan penggunaan garis dekonflik, di luar pengujian reguler.

Beberapa detail yang diketahui adalah seputar insiden spesifik yang menyebabkan panggilan telepon, yang menghubungkan Komando Eropa militer AS dan Pusat Manajemen Pertahanan Nasional Rusia.

Pejabat itu menolak untuk menjelaskan lebih lanjut tetapi mengatakan dia mengatakan panggilan tidak digunakan ketika sebuah rudal yang salah mendarat di Polandia yang merupakan anggota NATO pada 15 November, menewaskan dua orang.

Ledakan itu kemungkinan disebabkan oleh rudal pertahanan udara Ukraina, tetapi Rusia pada akhirnya bertanggung jawab karena memulai perang pada akhir Februari, kata NATO.

Baca juga: Ukraina Hari Ini: Rusia Kerahkan Kapal Perang ke Laut Hitam, Bawa Rudal Kalibr

Meskipun pejabat AS menolak untuk menentukan aktivitas Rusia mana yang meningkatkan kewaspadaan AS, atau ada insiden yang diakui secara publik yang melibatkan pertempuran Rusia di sekitar infrastruktur kritis Ukraina.

Ini termasuk operasi Rusia di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa, yang berada di bawah kendali Rusia.

Ukraina juga menyuarakan kekhawatiran bahwa Rusia akan meledakkan bendungan Nova Kakhovka, yang menahan waduk besar di Ukraina selatan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan yang jebol akan mengirim tembok air yang membanjiri pemukiman di bawahnya, termasuk menuju ibu kota regional strategis Kherson, yang direbut kembali oleh pasukan Ukraina pada 11 November.

Baca juga: Keretakan di Internal Ukraina, Zelensky dan Wali Kota Kyiv Cekcok Masalah Listrik

Komunikasi AS-Rusia telah menjadi sorotan sejak dimulainya invasi Rusia ke tetangganya, mengingat risiko besar bahwa salah perhitungan oleh kedua belah pihak dapat menyebabkan konflik langsung antara negara-negara bersenjata nuklir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+