Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia: FIFA Selidiki Federasi Serbia Terkait Bendera yang Masukkan Kosovo

Kompas.com - 28/11/2022, 14:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

DOHA, KOMPAS.com - FIFA membuka penyelidikan terhadap federasi sepak bola Serbia setelah timnas negara itu memasang bendera yang memasukkan wilayah Kosovo, di ruang ganti sebelum pertandingan melawan Brasil di penyisihan Grup G Piala Dunia 2022.

Federasi sepak bola Kosovo (FFK) mengajukan keluhan kepada FIFA setelah muncul foto bendera Serbia dengan peta mencakup Kosovo, dan dicap dengan slogan "tidak akan ada penyerahan diri".

Kosovo--bekas provinsi Yugoslavia dengan mayoritas etnis Albania--mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada 2008, tetapi tidak diakui oleh Belgrade.

Baca juga: TV China Sensor Siaran Piala Dunia Qatar, Adegan Penonton Tanpa Masker Hilang

"Komite Disiplin FIFA membuka penyelidikan terhadap asosiasi sepak bola Serbia karena bendera yang dipajang di ruang ganti mereka pada pertandingan Piala Dunia Brasil vs Serbia yang dimainkan pada 24 November," kata FIFA, dikutip dari kantor berita AFP, Minggu (27/11/2022).

Kode disiplin FIFA melarang perilaku ofensif dan pelanggaran prinsip fair play, serta menggunakan acara olahraga untuk demonstrasi yang bersifat non-olahraga.

Menteri Olahraga Kosovo Hajrulla Ceku pada Jumat (25/11/2022) menulis di Twitter dan mengungkapkan kemarahannya, "Gambar memalukan dari ruang ganti Serbia, menampilkan pesan kebencian, xenofobia, dan genosida."

Ceku menambahkan: "Kami mengharapkan tindakan nyata dari FIFA mengingat (Kosovo) adalah anggota penuh FIFA dan UEFA."

Baca juga:

Kosovo bergabung dengan FIFA dan UEFA pada 2016.

"Tindakan chauvinis seperti itu tidak memiliki tempat di acara olahraga dan bahkan di dalam acara sepak bola dunia terbesar sedang berlangsung," ujar FFK.

"Tindakan ini tidak bisa dilewatkan begitu saja dan kami dengan keras menuntut FIFA secara tegas menerapkan peraturannya serta menghukum federasi sepak bola Serbia atas tindakan agresif ini yang bertentangan dengan nilai-nilai yang ditransmisikan sepak bola," tambahnya.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Mengapa Sebagian Suporter Brasil Ogah Pakai Baju Warna Kuning-Hijau?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com