Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Ulang Tahun Ke-80, Tak Ada Perayaan di Depan Umum

Kompas.com - 21/11/2022, 12:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Untuk kali pertama sepanjang sejarah, Gedung Putih memiliki Presiden Amerika Serikat yang berusia 80 tahun pada Minggu (20/11/2022).

Namun, ulang tahun Presiden Joe Biden tersebut tidak dirayakan di depan umum. Baru pada sore hari istrinya yaitu Jill Biden mengunggah ucapan selamat beserta foto menari dengan tuksedo dan baju pesta.

"Tidak ada orang lain yang lebih ingin aku ajak berdansa selain kamu. Selamat Ulang Tahun, Joe! Aku mencintaimu," twit Jill Biden.

Baca juga: Biden Kaget Lihat Otot Kamerawan Rusia di KTT G20: Itu Seperti Bedil

Itu adalah satu-satunya ucapan ulang tahun dari dalam Gedung Putih. Tak ada jadwal acara publik, bahkan tidak ada indikasi tentang bagaimana atau jika presiden akan merayakan ulang tahunnya.

Sehari sebelumnya, keluarga Biden mengadakan pesta besar-besaran di Gedung Putih untuk pernikahan cucu perempuan, Naomi, yang tertutup untuk pers.

Biden memiliki isu penting untuk didiskusikan dengan keluarganya dalam beberapa hari mendatang, yaitu apakah akan mencalonkan diri kembali pada pilpres AS 2024.

Dalam konferensi pers pada 9 November 2022, Biden menyampaikan bahwa dia bermaksud mencalonkan diri, dan dia serta istrinya akan berbicara diam-diam di beberapa kesempatan antara Thanksgiving dan Natal untuk memutuskan bersama keluarganya.

Biden berjanji untuk mengumumkan keputusannya pada awal 2023, kantor berita AFP melaporkan.

Baca juga: Cucu Joe Biden Menikah di Gedung Putih

Jajak pendapat terbaru menyatakan, kebanyakan orang Amerika tidak ingin Biden mencalonkan diri lagi.

Meski tokoh-tokoh berpengaruh yang berusia di atas 70 atau bahkan 75 tahun cukup banyak di lanskap politik AS, pemilihan paruh waktu menunjukkan beberapa perubahan generasi awal di Partai Demokrat.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi (82), pada Kamis (17/11/2022) mengumumkan keputusannya untuk tidak mencalonkan diri lagi di posisinya.

Biden menjalani pemeriksaan medis menyeluruh sekitar setahun yang lalu, dan hasilnya menyimpulkan bahwa dia pria yang sehat, kuat, dan layak menjabat sebagai presiden.

Baca juga: Tanggapan Minimalis Joe Biden atas Pencalonan Kembali Donald Trump untuk Pilpres 2024...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com