Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Bisnis yang Terlibat Produksi Drone Iran Dikenai Sanksi AS

Kompas.com - 16/11/2022, 22:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber The Hill

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Departemen Keuangan AS pada hari Selasa (15/11/2022) mengumumkan sanksi terhadap kelompok yang terlibat dalam produksi atau pasokan drone Iran ke Rusia untuk digunakan di Ukraina.

Dilansir dari The Hill, Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) departemen memberikan sanksi kepada Pusat Penelitian Industri Penerbangan Shahed, Layanan Penerbangan Sukses FZC dan i Jet Global DMCC serta tiga individu atas peran mereka dalam memasok Rusia.

Perusahaan produksi Pusat Penelitian Industri Penerbangan Shahed berlokasi di Iran, sementara perusahaan konsultan penerbangan Success Aviation Services FZC dan i Jet Global DMCC berbasis di Uni Emirat Arab (UEA).

Baca juga: Protes Iran Kian Genting, Aparat Dilaporkan Tembak Mati Demonstran

“Tindakan hari ini mengungkap dan meminta pertanggungjawaban perusahaan dan individu yang telah memungkinkan Rusia menggunakan UAV (kendaraan udara tak berawak) buatan Iran untuk menganiaya warga sipil Ukraina,” kata Menteri Keuangan AS Janet Yellen pada hari Selasa.

“Ini adalah bagian dari upaya kami yang lebih besar untuk mengganggu upaya perang Rusia dan menolak peralatan yang dibutuhkan melalui sanksi dan kontrol ekspor,” katanya.

Yellen pertama kali mengumumkan pada hari Minggu bahwa Departemen Keuangan akan memberikan sanksi kepada jaringan yang menyediakan senjata kepada Rusia.

Pusat Penelitian Industri Penerbangan Shahed merancang dan memproduksi UAV seri Shahed yang disediakan untuk tentara Rusia untuk serangannya di Ukraina, sementara dua perusahaan yang tersisa memfasilitasi transfer senjata ke Rusia, menurut Departemen Keuangan.

Baca juga: Iran Luncurkan Serangan Rudal dan Drone Mematikan ke Kelompok Kurdi di Irak

Success Aviation Services dan i Jet Global bekerja sama dengan perusahaan Iran Safiran Airport Services, yang telah mendapat sanksi dari AS, untuk mengangkut drone.

Pemerintah AS bekerja sama dengan pemerintah UEA dalam memberikan sanksi terhadap dua perusahaan yang berbasis di Emirates, menurut OFAC.

Baca juga: Iran Umumkan Hukuman Mati Pertama Terkait Protes Kematian Mahsa Amini

Departemen Keuangan memberikan sanksi kepada individu Abbas Djuma dan Tigran Khristoforovich Srabionov atas keterlibatan mereka berkoordinasi antara perusahaan militer swasta Rusia PMC Wagner dan produksi UAV Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Hill

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com