Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Inggris Rishi Sunak: Putin Seharusnya Datang Hadapi Pemimpin G20

Kompas.com - 15/11/2022, 20:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

NUSA DUA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak telah mengatakan kepada G20 bahwa presiden Rusia, Vladimir Putin, seharusnya sudah siap menghadapi para pemimpin dunia di KTT.

Dilansir dari Guardian, menurut Sunak, Putin seharusnya datang karena keputusan Rusia meninggalkan Ukraina akan membuat satu-satunya perbedaan terbesar untuk urusan dunia.

Pada sesi pembukaan KTT, yang dihadiri oleh menteri luar negeri Rusia, Sergei Lavrov, perdana menteri Inggris menggunakan pidatonya untuk mengutuk invasi Ukraina dan penargetan warga sipil.

Baca juga: KTT G20: Indonesia Dapat Pendanaan Rp 310 Triliun Kembangkan Energi Bersih

Dia juga memperingatkan para pemimpin dunia tentang ancaman yang ditimbulkannya terhadap tatanan internasional.

“Satu orang memiliki kekuatan untuk mengubah semua ini,” kata Sunak dalam pertemuan itu, yang juga disampaikan oleh presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Rusia berusaha menghindari isolasi G20 karena China dan India menjauhkan diri

“Perlu dicatat bahwa Putin tidak merasa dapat bergabung dengan kami di sini. Mungkin jika dia punya, kita bisa melanjutkan menyelesaikan masalah," ujarnya.

“Karena satu-satunya perbedaan terbesar yang bisa dibuat siapa pun adalah agar Rusia keluar dari Ukraina dan mengakhiri perang biadab ini,” tambahnya.

Baca juga: Tak Ada Foto Bersama Pemimpin Negara di KTT G20?

Dalam pernyataan terselubung tentang negara-negara yang tetap netral dalam konflik, termasuk China dan India, Sunak mengatakan bahwa semua negara berada dalam bahaya yang lebih besar karena preseden yang telah ditetapkan.

“Invasi ilegal Rusia ke Ukraina memiliki implikasi mendalam bagi kita semua, karena telah merusak prinsip-prinsip dasar kedaulatan dan integritas teritorial,” katanya.

“Kita semua bergantung pada prinsip-prinsip ini. Mereka adalah dasar dari tatanan internasional. Mereka harus ditegakkan," tambahnya.

Sunak juga menggunakan intervensinya untuk menyerukan diakhirinya krisis biji-bijian.

“Persenjataan energi dan makanan sama sekali tidak dapat diterima,” katanya. "Dua pertiga biji-bijian Ukraina dikirim ke negara-negara berkembang, namun Rusia telah menghancurkan gudang biji-bijian dan memblokir pengiriman."

Baca juga: Bicara di Sela KTT G20, Presiden FIFA Ingin Piala Dunia Bawa Perdamaian Perang Rusia-Ukraina

Kehadiran Rusia telah membayangi KTT dan menempatkan negara-negara di jalan buntu atas komunike terakhir, yang kemungkinan hanya berisi resolusi lemah pada ekonomi dan masalah digital karena ketidakmampuan G20 untuk menyetujui pernyataan yang akan mengutuk agresi Rusia atau menyalahkan kekacauan ekonomi pada perang Ukraina.

Tetapi dia juga mengatakan ada perasaan luas bahwa kehadiran Rusia seharusnya tidak boleh menghalangi semua kemajuan dan bahwa beberapa kata kemungkinan akan disepakati tentang pentingnya stabilitas di pasar global.

Baca juga: Draf Deklarasi KTT G20 Terungkap, Kutuk Perang di Ukraina

KTT itu berlangsung beberapa hari setelah kemajuan militer Ukraina yang luar biasa, termasuk merebut kembali kota Kherson yang penting secara strategis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Guardian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com