Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-260 Serangan Rusia ke Ukraina: Wakil Kepala Kherson yang Dikuasai Rusia Tewas, Putin Tak Akan Hadiri G20

Kompas.com - 11/11/2022, 06:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

KYIV, KOMPAS.com - Rusia memerintahkan pasukannya untuk mundur dari kota Kherson di Ukraina, satu-satunya ibu kota regional yang direbut pasukan Presiden Vladimir Putin sejak perang dimulai.

Langkah ini menandakan potensi pukulan besar bagi kampanye Rusia di negara itu, sekaligus membuka rangkuman hari ke-260 serangan Rusia ke Ukraina.

Dilansir dari Al Jazeera, berikut sejumlah kabar lain yang terjadi pada Kamis (10/11/2022).

Baca juga: Ukraina Terkini: Pasukan Kyiv Perkuat Posisi di Selatan Selangkah Demi Selangkah

Situasi Perang

- Wakil kepala wilayah Kherson Ukraina yang dilantik Moskwa, Kirill Stremousov, salah satu pejabat paling terkemuka Rusia, tewas dalam kecelakaan mobil, media pemerintah Rusia melaporkan, tanpa memberikan perincian tentang situasinya.

- Amnesty International menyebut Rusia mungkin telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dengan memindahkan secara paksa warga sipil Ukraina dan memisahkan anak-anak dari keluarga mereka di wilayah yang diduduki Rusia ke wilayah lain.

- Jenderal Amerika Mark Milley memperkirakan bahwa militer Rusia telah menderita lebih dari 100.000 tentaranya tewas atau terluka di Ukraina. Dia menambahkan angkatan bersenjata Kyiv mungkin menderita tingkat korban yang sama dalam perang.

Baca juga: Jenderal Top AS Klaim 100.000 Tentara Rusia Tewas atau Terluka di Ukraina

Diplomasi

- Hasil pemilihan paruh waktu AS tidak akan mengubah hubungan buruk antara Moskwa dan Washington, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

- Kepala keamanan Rusia Nikolai Patrushev mengadakan pembicaraan tentang perang di Ukraina dan meningkatkan hubungan bilateral dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi dan pejabat tinggi keamanan Ali Shamkhani, setelah Iran mengaku memasok drone ke militer Rusia.

- Putin tidak akan menghadiri KTT para pemimpin dunia G20 di Bali minggu depan, sebaliknya Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov akan memimpin delegasi pada pertemuan pertama para pemimpin ekonomi terbesar dunia sejak dimulainya perang di Ukraina.

- Pemain bola basket AS Brittney Griner dipindahkan ke koloni hukuman di Rusia, di mana para tahanan diharuskan melakukan pekerjaan dan kondisi hidup yang sangat keras, setelah pengadilan menolak bandingnya atas hukuman penjara sembilan tahun karena kepemilikan narkoba bulan lalu.

Baca juga: Resolusi PBB Akan Desak Rusia Bertanggung Jawab Bayar Ganti Rugi Kehancuran di Ukraina

Ekonomi

- Kepala bantuan PBB Martin Griffiths dan pejabat senior perdagangan PBB Rebeca Grynspan akan bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Vershinin pada hari Jumat untuk membahas perluasan inisiatif biji-bijian Laut Hitam.

- Ukraina mengatakan penghancuran infrastruktur sipil Rusia akan memperluas perkiraan kontraksi produk domestik bruto (PDB) menjadi 39 persen dari perkiraan sebelumnya 35 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com