Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terkini: Jarang Terjadi, Pemimpin Chechnya Akui 23 Pasukannya Tewas, Anggap Jihad

Kompas.com - 28/10/2022, 11:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com - Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov, sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, pada Kamis (27/10/2022), mengatakan 23 pasukannya tewas dan 58 lainnya cedera dalam serangan artileri Ukraina pekan ini.

Komentar Kadyrov ini terbilang tidak biasa.

Sebab, pasukan pro-Moskwa itu selama ini jarang mengakui kerugian besar di medan perang sejak perang Rusia-Ukraina dimulai pada 24 Februari 2022.

Baca juga: Pemimpin Chechnya Kirim 3 Anaknya ke Garis Depan Perang Rusia-Ukraina

Dalam sebuah pernyataan di Telegram, Kadyrov mengatakan insiden itu terjadi di wilayah Kherson selatan.

"Semua operasi penyelamatan di lokasi telah selesai dan ada daftar akhir korban tewas dan luka-luka, 23 tentara tewas dan 58 luka-luka," kata Kadyrov sebagaimana dikutip dari Reuters.

Kepala wilayah Chechnya yang mayoritas Muslim di Rusia selatan tersebut menggambarkan dirinya sebagai prajurit kaki Putin dan mengatakan dia telah mengirim ribuan orang untuk berperang dalam perang melawan Rusia.

"Ya, kerugian kami pada hari itu sangat besar, tetapi orang-orang Chechnya berpartisipasi dalam jihad dan jika mereka ditakdirkan untuk jatuh dalam perang suci, itu adalah suatu kehormatan dan kegembiraan besar bagi setiap Muslim sejati," katanya. 

Baca juga:

Setelah serangan itu, dia mengeklaim, pasukan Chechnya melakukan serangan balas dendam dan menewaskan sekitar 70 orang Ukraina.

Reuters tidak segera dapat memverifikasi akunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com