Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-kudeta di Burkina Faso, Peran Tentara Bayaran Rusia di Wilayah Sahel Jadi Sorotan

Kompas.com - 05/10/2022, 15:33 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

OUAGADOUGOU, KOMPAS.com - Pejabat Barat dan analis mengungkap kekhawatiran setelah kudeta di Burkina Faso memicu ekspansi lebih lanjut tentara bayaran Rusia di wilayah Sahel yang strategis dan penting di Afrika.

Ibrahim Traore, seorang kapten tentara berusia 34 tahun, mengambil alih kekuasaan di Burkina Faso pada Jumat (30/9/2022), menggulingkan Letnan Kolonel Paul-Henri Sandaogo Damiba.

Damiba dituduh gagal secara efektif melawan meningkatnya kekerasan oleh ekstremis Islam di negara yang tidak stabil dan dilanda kemiskinan itu.

Baca juga: Presiden Burkina Faso Mundur Setelah Kudeta

Komunitas internasional secara luas mengutuk penggulingan Damiba, yang sebelumnya menggulingkan presiden yang dipilih secara demokratis di negara itu pada Januari.

Dalam janjinya, Traore mengungkap komitmen agar "semua kekuatan tempur untuk kembali fokus pada masalah keamanan dan pemulihan integritas wilayah (negara)".

Banyak yang percaya Traore kemungkinan akan mengundang bantuan dari Rusia untuk meningkatkan perjuangan negara itu melawan kelompok ekstremis, yang telah memaksa 2 juta orang meninggalkan rumah mereka dan membunuh ribuan orang.

Selama akhir pekan, ratusan pengunjuk rasa, beberapa mengibarkan bendera Rusia, menyalakan api, merobohkan kawat berduri, dan melemparkan batu ke kedutaan besar Perancis di ibu kota Ouagadougou, dan menyerang pusat budaya Perancis di kota Bobo-Dioulasso.

Baca juga: Tentara Gulingkan Junta Militer di Burkina Faso, Kudeta Kedua Tahun Ini

Baca juga: Terungkap Siapa Pendiri Grup Wagner, Tentara Bayaran Kejam yang Dikerahkan Rusia ke Ukraina

Baca juga: Profil Grup Wagner, Tentara Bayaran Kejam yang Dikerahkan Rusia ke Ukraina

Keterkaitan dengan Rusia

Kudeta terjadi di tengah dorongan baru oleh Rusia untuk memenangi pengaruh dan mendapatkan akses ke bahan baku berharga di Afrika sub-Sahara dalam beberapa bulan terakhir, setelah bertahun-tahun berhati-hati jika ada upaya oportunistik di seluruh benua.

Beberapa upaya tersebut dipimpin oleh paramiliter dari kelompok Wagner, sebuah organisasi yang terkait dengan Kremlin dan didirikan oleh Yevgeny Prigozhin, seorang pengusaha Rusia dan sekutu dekat Putin.

Prigozhin dilaporkan memuji pengambilalihan baru di Burkina Faso dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (1/10/2022), menyebut Traore "putra ibu pertiwi yang benar-benar berani".

Wagner sudah hadir di setidaknya enam negara Afrika lainnya, sedangkan operasi pengaruh Rusia telah dilaporkan di lebih banyak wilayah lagi.

Kampanye Moskwa telah mencapai kesuksesan yang signifikan, dengan ekspansi yang sering mengikuti kekuasaan di negara-negara faksi yang tidak stabil tetapi kaya sumber daya, di mana sejarahnya menunjukkan keberpihakan pada Rusia daripada mitra bersejarah dari Barat.

Baca juga: Suara Tembakan Terdengar di Dekat Istana Presiden Burkina Faso

Jauh dari perang di Ukraina, tampaknya Rusia telah mengintensifkan kampanye di Afrika dengan bukti aktivitas baru dan ekstensif. Operasi di Sahel khususnya telah menunjukkan peningkatan.

Pada Juli, Jenderal Stephen Townsend, komandan keluar Komando Afrika AS, mengatakan kepada wartawan bahwa meskipun Wagner telah mengurangi ukuran penempatannya di Libya untuk "memindahkan ... operasi untuk berperang di Ukraina", kelompok itu tidak melakukan hal yang sama di Mali, di mana Wagner diperkirakan memiliki sekitar 700 pejuang.

“Mereka tampaknya condong ke Mali sebanyak yang mereka lakukan selama ini,” kata Townsend, sebagaimana dilansir Guardian pada Senin (3/10/2022).

Halaman:
Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com