Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh-tokoh Pro-perang Rusia Ungkap Rasa Frustrasi Usai Ukraina Rebut Kembali Kota Strategis

Kompas.com - 05/10/2022, 13:02 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

MOSKWA, KOMPAS.com - Penarikan pasukan Rusia dari kota Lyman yang strategis dan penting di Ukraina timur telah memicu kritik terbuka yang langka terhadap petinggi militer Rusia oleh tokoh-tokoh pro-perang Rusia yang terkemuka dan akun media sosial yang berpengaruh.

Bukan suara oposisi atau anti-perang yang memimpin paduan suara ketidakpuasan ini. Kritik terbaru justru disuarakan tokoh-tokoh pro-perang, yang tidak senang dengan cara kementerian pertahanan Rusia melakukan perang di Ukraina.

Baca juga: Pasukan Ukraina Rebut Belasan Permukiman dari Tentara Rusia, Kemajuan Besar dalam Sepekan

Salah satu yang pertama bereaksi terhadap hilangnya kendali atas kota strategis Lyman adalah Ramzan Kadyrov, pemimpin Republik Chechnya Rusia dan pendukung setia Presiden Vladimir Putin.

Dalam sebuah unggahan Telegram pada 1 Oktober, ia menyalahkan Jenderal Alexander Lapin, komandan Distrik Militer Pusat Rusia, dan perwira senior di Staf Umum Rusia atas kerugian tersebut.

"Jika terserah pada saya, saya akan menurunkan Lapin dari jabatannya, melucuti penghargaannya, memberinya senapan serbu dan mengirimnya ke depan untuk membasuh rasa malunya dengan darah," katanya dalam unggahannya, yang telah dilihat lebih dari 7,6 juta kali sebagaimana dilansir BBC pada Selasa (4/10/2022).

Kritiknya terhadap komando militer Rusia kemudian didukung oleh sekutu Kremlin Yevgeny Prigozhin, seorang maestro media dan pendiri perusahaan militer swasta Wagner.

Baca juga: Dikabarkan Akan Gunakan Nuklir di Ukraina, Ini Jawaban Rusia

"Pernyataan ekspresif Kadyrov tidak sepenuhnya sesuai dengan gaya saya. Tapi saya bisa mengatakannya, Ramzan, Anda seorang bintang, (yang) mengatakan apa adanya!" katanya dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh perusahaan Konkord-nya di halaman media sosial VK mereka.

Apakah pandangan politik di Moskwa berubah?

Lanskap media Rusia dikontrol dengan ketat, sehingga tidak mengherankan bahwa tiga saluran TV utama negara itu mengecilkan kemunduran pasukan Putin dari Lyman dalam buletin berita malam primetime mereka pada 2 Oktober, dan mengabaikannya sama sekali kekalahan tersebut dalam buletin berita pagi mereka pada 3 Oktober.

Namun, platform berbagi video seperti YouTube dan saluran media sosial Telegram semakin populer di Rusia di tengah larangan situs-situs seperti Facebook, Instagram dan Twitter - dan di sinilah kritik lebih lanjut terhadap petinggi Rusia ditemukan.

Selama penampilan di saluran YouTube propagandis Kremlin Vladimir Solovyov pada 1 Oktober, anggota parlemen dan mantan jenderal Andrei Gurulyov mengatakan dia "tidak bisa menjelaskan kekalahan di Lyman".

"Ini mungkin momen penting simbolis, dan tidak hanya secara militer tetapi juga politik," katanya sebagaimana dilansir BBC.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-223 Serangan Rusia ke Ukraina: Korut Dukung Pencaplokan Rusia, Inggris Janji Ukraina Capai Kemenangan

Dia kemudian mencoba mendukung kritik pedas Kadyrov terhadap komando Rusia atas hilangnya Lyman, sebelum dipotong oleh presenter, yang mengatakan bahwa terserah pada pejabat untuk mengomentari pernyataan Kadyrov.

Ada juga perdebatan yang hidup di saluran Telegram nasionalis Rusia setelah lepasnya kendali atas Kota Lyman, dengan blogger Anastasiya Kashevarova mengungkap kekecewaan dengan sangat blak-blakan.

Dalam sebuah unggahan Telegram yang dilihat lebih dari 1,2 juta kali, dia menyerang mereka yang membela Jenderal Lapin dari kritik Kadyrov dan yang menolak mengakui bahwa "ada pertanyaan" yang harus dijawab oleh Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan kepala Staf Umum Valery Gerasimov.

"Apakah Anda laki-laki atau bukan? Apakah Anda punya nyali atau tidak? Mengapa Anda masih berbasa-basi agar tidak terjadi sesuatu yang buruk? Anda masih membela Lapin di pos pengecut Anda," kata Kashevarova.

Baca juga: Ukraina Terkini: Rusia Dapatkan 200.000 Lebih Tentara Hasil Mobilisasi Parsial

"Apakah presiden mengetahui apa yang terjadi? Apakah ada yang memberi tahu dia? Di mana persediaannya (senjata)? Di mana (tank) Armata? Di mana semuanya? Bagaimana ini bisa terjadi? Apakah semuanya dicuri? Dijual? Di mana? apakah semuanya hilang? Apakah itu bahkan ada sejak awal?" dia melanjutkan kritiknya dalam pertanyaan.

Namun, saluran berita Telegram Readovka yang pro-Kremlin pada prinsipnya mempermasalahkan kritik publik terhadap militer.

"Pemarah kita sendiri kadang-kadang bisa lebih buruk daripada pasukan komando dan penyabotase musuh," katanya, dalam unggahan 1 Oktober dilihat lebih dari 1,4 juta tampilan.

Lebih lanjut dia kemudian menuduh "turbo-patriot" Rusia melakukan pekerjaan musuh dengan mencoba melimpahkan kesalahan.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com