Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2022, 20:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber The Hill

KYIV, KOMPAS.com - Seorang pembantu utama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan komunitas intelijen Ukraina percaya bahwa ancaman pasukan Rusia yang menggunakan senjata nuklir "sangat tinggi".

Ini menyusul serangkaian kerugian memalukan bagi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dilansir The Hill, dalam op-ed yang diterbitkan di The Atlantic pada Jumat (30/9/2022), Andriy Yermak, kepala kantor presiden Ukraina, mengatakan para pejabat Ukraina tidak menganggap ancaman Rusia untuk menggunakan senjata nuklir sebagai omong kosong.

Baca juga: Pasukan Ukraina Rebut Lyman dari Rusia, Ramzan Kadyrov Sampai Marah

“Badan intelijen kami menilai ancaman penggunaan senjata nuklir taktis Rusia sebagai hal yang sangat tinggi. Dan kesediaan Rusia untuk membuat ancaman nuklir menghadirkan krisis tidak hanya untuk Ukraina, tetapi untuk setiap negara di Bumi,” tulis Yermak.

“Tanggapan terhadap pemerasan nuklir Rusia harus sengit dan tegas, menolak gagasan untuk membuat konsesi kepada agresor nuklir,” lanjutnya.

Jika tidak, Yermak memperingatkan, setiap rezim diktator akan berebut untuk mencapai senjata nuklir, dan negara-negara non-nuklir akan melakukan hal yang sama dalam membela diri.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-220 Serangan Rusia ke Ukraina: Zelensky Janji Rebut Kembali Lebih Banyak Wilayah, Putin Disarankan Gunakan Nuklir

“Perjanjian nonproliferasi tidak akan ada artinya. Perang nuklir, dengan jutaan korban, akan menyusul,” katanya.

Peringatan dari Yermak datang di tengah ancaman dari Putin untuk menggunakan segala cara yang diperlukan untuk memenangkan perang di Ukraina.

Selama panggilan sebagian pasukan cadangan Rusia, Putin mengatakan bahwa ketika integritas teritorial Rusia terancam, dia akan menggunakan semua cara untuk melindungi Rusia dan rakyatnya.

Baca juga: Menerka Langkah Putin Selanjutnya setelah Caplok 4 Wilayah Ukraina

“Ini bukan gertakan. Dan mereka yang mencoba memeras kami dengan senjata nuklir harus tahu bahwa baling-baling cuaca dapat berputar dan menunjuk ke arah mereka,” katanya.

Pernyataannya menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat internasional bahwa militer Rusia mungkin akan menggunakan senjata nuklir.

Pasukan Rusia telah menderita serangkaian kerugian di Ukraina timur selama sebulan terakhir di tengah serangan balasan besar Ukraina.

Baru-baru ini, militer Rusia mundur dari kota Lyman, pusat kereta api utama di wilayah Donetsk, setelah dikepung oleh pasukan Ukraina.

Pada hari Jumat, Putin mengumumkan pencaplokan wilayah tersebut serta tiga lainnya, sebuah langkah yang secara luas dipandang ilegal oleh AS dan sekutunya.

Baca juga: Perang Ukraina: Penduduk Zaporizhzhia Kabur dari Pencaplokan Rusia

Yermak meminta sekutu Ukraina untuk mengambil langkah lebih lanjut untuk melindungi negara dari ancaman nuklir.

“Sebuah kelompok inti sekutu Ukraina, dengan kemampuan militer yang signifikan, akan membuat serangkaian komitmen yang mengikat secara politik dan hukum. Di samping komitmen dukungan militer ini, kelompok mitra internasional yang lebih luas akan menawarkan serangkaian jaminan nonmiliter berdasarkan sanksi,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Hill

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com