Kompas.com - 02/10/2022, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita kerusuhan suporter di Kanjuruhan, Malang yang telah menewaskan 129 orang menjadi berita utama atau headline di beberapa situs web media asing.

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Minggu (2/10/2022) pukul 10.10 WIB, salah satu media asing yang melakukannya yakni Associated Press (AP), kantor berita nirlaba yang berkantor pusat di New York City, Amerika Serikat (AS).

AP News menayangkan berita dengan judul “129 dead after fans stampede to exit Indonesian soccer match”.

Baca juga: Kerusuhan Suporter di Kanjuruhan Disorot Media Asing dari Berbagai Negara

Judul dan foto berita tentang kerusuhan suporter Indonesia itu ditampilkan lebih besar daripada berita lainnya oleh AP di situs webnya.

Dalam artikel tersebut, dijelaskan bahwa kepanikan yang terjadi pada pertandingan sepak bola Indonesia setelah polisi menembakkan gas air mata untuk menghentikan kerusuhan telah menewaskan 129 orang.

Sebagian besar suporter disebut tewas setelah terinjak-injak.

Kerusuhan terjadi setelah tim tuan rumah Arema Malang kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya.

Kerusuhan yang terjadi sesaat setelah pertandingan berakhir pada Sabtu (1/10/2022) malam membuat polisi anti huru hara kemudian menembakkan gas air mata, menyebabkan kepanikan di kalangan suporter.

Ratusan orang lantas berlarian ke pintu keluar stadion untuk menghindari gas air mata. Beberapa terhimpit dalam kekacauan dan yang lainnya terinjak-injak, menewaskan 34 orang hampir seketika.

Baca juga: 14 Tragedi Sepak Bola di Dunia yang Tewaskan Banyak Suporter di Stadion

Mengutip pernyataan Kapolda Jawa Timur Nico Afinta, AP menulis lebih dari 300 orang dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk diobati luka-lukanya, tetapi banyak yang meninggal dunia dalam perjalanan dan selama perawatan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.