Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KRI Bima Suci Kunjungi Kota Cairns di Australia dalam Momen Bersejarah

Kompas.com - 29/09/2022, 16:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

CAIRNS, KOMPAS.com - Dalam rangka kegiatan pelayaran muhibah duta bangsa di Australia dan latihan praktik Kartika Jala Krida 2022 di Australia, KRI Bima Suci berkesempatan melakukan kunjungan ke Cairns.

Kunjungan tersebut bersejarah karena untuk kali pertama KRI Bima Suci mengunjungi kota Cairns yang berjarak sekitar 1.700 km dari Brisbane, ibu kota negara bagian Queensland.

Sebagaimana juga dilakukan di kota-kota sebelumnya, kedatangan KRI Bima Suci menuju lokasi sandar Trinity Wharf, Cairns, diiringi dengan permainan drum band para taruna yang memainkan sejumlah lagu Indonesia dan Australia pada Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Ribuan Warga Sydney Sambut Meriah Kedatangan KRI Bima Suci

Bahkan, para taruna juga unjuk kebolehan dengan melakukan aksi dressing the yards dengan menaiki tiang-tiang kapal setinggi 53 meter selama proses sandar.

Penampilan dan atraksi para taruna turut menarik perhatian sekitar 3.000 penumpang kapal pesiar Pacific Encounter yang pada saat bersamaan berada di lokasi sandar dan sedang memulai proses pelayaran.

Selama berada di Kota Cairns, KRI Bima Suci menggelar sejumlah kegiatan, di antaranya Open Ship dan Cocktail Reception pada Jumat (23/9/2022).

Dalam kegiatan Open Ship, para taruna unjuk kebolehan dengan penampilan marching band dan berbagai pertunjukan budaya, antara lain Reog Ponorogo dan tari- tarian Indonesia. Open Ship juga dimeriahkan dengan penampilan beberapa tarian nusantara oleh Cairns Indonesian-Australian Association (CIAA).

Suasana Open Ship KRI Bima Suci.KJRI SYDNEY Suasana Open Ship KRI Bima Suci.
Kegiatan Open Ship disambut hangat para pengunjung yang hadir. Sejak bersandar, KRI Bima Suci dikunjungi oleh hampir 1.700 pengunjung dari berbagai latar belakang, baik masyarakat dan diaspora Indonesia, maupun warga Australia.

Penampilan Tari Makassar oleh Cairns Indonesian-Australian Association pada Open Ship KRI Bima Suci.KJRI SYDNEY Penampilan Tari Makassar oleh Cairns Indonesian-Australian Association pada Open Ship KRI Bima Suci.
Hanna, salah seorang pengunjung, mengungkapkan rasa kagumnya atas kegiatan Open Ship. Bagi anak berusia 10 tahun ini, mengenal kebudayaan Indonesia melalui kunjungan KRI Bima Suci sangat bermanfaat.

“Saya paling suka penampilan marching band, terutama bagian yang melempar tongkat ke atas,” ungkap Brendon Wright, anak 8 tahun, dikutip dari siaran pers KJRI Sydney.

Pertunjukan marching band Taruna Akademi Angkatan Laut KRI Bima Suci.KJRI SYDNEY Pertunjukan marching band Taruna Akademi Angkatan Laut KRI Bima Suci.
Dewi Wright, ibu dari Brendon, menyampaikan bahwa ia mengajak empat anaknya ke kegiatan Open Ship untuk memenuhi rasa rindu terhadap Indonesia dan memperkenalkan budaya Indonesia.

Baca juga:

Tak kalah dengan kemeriahan Open Ship, Cocktail Reception pun berhasil mendapatkan sambutan hangat dari para tamu.

Acara yang diselenggarakan atas kerja sama KJRI Sydney dan KRI Bima Suci ini turut dihadiri sejumlah tamu istimewa, di antaranya Wali Kota Cairns Bob Manning, Wakil Asisten Operasi KSAL TNI Laksma Rektiono Kunto, Atase Pertahanan KBRI Canberra Laksma Oka Wirayudha, Komandan Pangkalan HMAS Cairns Letkol Alfonso Santos, dan para Konsul maupun Konsul Kehormatan Korps Konsulat di kota Cairns.

Konjen RI Sydney dan rombongan KRI Bima Suci dengan Wali Kota Cairns.KJRI SYDNEY Konjen RI Sydney dan rombongan KRI Bima Suci dengan Wali Kota Cairns.
Dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI Sydney Vedi Kurnia Buana menggarisbawahi kuatnya hubungan bilateral Indonesia dan Australia saat ini.

“Hubungan yang semakin kuat tentunya membuka berbagai peluang dan kesempatan yang harus dimanfaatkan untuk kepentingan bersama kedua negara, termasuk masyarakatnya,” ungkap Konjen Vedi. Ia berharap agar penguatan hubungan bilateral ini menjadi aset penting yang dapat diwujudkan melalui berbagai kerja sama konkret.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com